Ketika Irjen Royke Lumowa Jadi "Pelatih" Basket bagi Siswa SMA

  • 08-11-2018 / 09:33 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Ketika Irjen Royke Lumowa Jadi "Pelatih" Basket bagi Siswa SMA Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa saat bersama siswa SD di Ambon. (Rakyat Maluku/jpg)

AMBON- Mengemban tugas sebagai kapolda memang membutuhkan ketelatenan dan ketegasan. Apalagi wilayah yang dijaga satu provinsi. Tentulah dinamikanya beragam. Meskipun begitu, Irjen Royke Lumowa yang kini menjabat sebagai Kapolda Maluku tetap melakukan interaksi dengan masyarakat. Tujuannya, agar persoalan mendasar di tengah masyarakat itu dapat diketahui.

Hal itulah yang disempatkan mantan Kakorlantas itu saat mampir di SMA Xaverius Ambon, Rabu (7/11). Di kompleks itu juga terdapat sekolah dasar (SD). Kedatangan Royke bukanlah menjadi bagian dari agenda rutinitasnya. Hal itu hanya spontanitas saja.

Dikutip dari Rakyat Maluku (Jawa Pos Group), kedatangan Royke mendapat perhatian dari para guru dan siswa baik di SMA maupun SD. Di sana dia menyempatkan diri untuk melihat aktivitas para siswa.

Antusias yang tinggi dari siswa itu membuat mantan Kapolda Papua Barat tersebut mengajak mereka untuk foto bersama. Tak hanya itu, siswa SMA Xaverius yang tengah bermain basket, seakan mendorong Rokye memberikan pelatihan singkat dalam mengolah bola basket agar cepat masuk ke keranjang.

“Oh iya. Tadi (kemarin) siang, saya spontan main ke SMA Xaverius dan SD di sebelahnya. Tujuannya hanya ingin menyapa Pak Kepala Sekolah dan guru-guru serta para murid. Selesai ketemu Kepsek, saya minta izin menyapa murid di satu kelas. Hanya memberi motivasi sebagai anak muda, jangan mudah putus asa, jangan mengeluh. Maju terus membangun negeri ini,” ujar putera terbaik asal Kota Kawanua, Manado itu, kepada Rakyat Maluku.

Saat berada di kelas XII, Royke mengingatkan para siswa untuk mempersiapkan diri dengan baik. “Karena, keberhasilan hanya dapat dicapai lewat usaha yang sungguh-sungguh, termasuk belajar yang tekun dan rajin,” ujarnya.

Aktivitas Royke ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Maluku Kombes Muhammad Roem Ohoirat. Katanya, kedatangan Kapolda Maluku di dua sekolah tersebut di luar agenda.

“Tadi Kapolda lewat dan melihat ada anak-anak istirahat dan bermain, lalu Kapolda balik dan masuk ke SMA Xaverius. Kapolda masuk dan berbaur dengan para siswa,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, imbuh Muhammad Roem, kapolda juga bermain gitar dan basket bersama siswa. “Hanya kebetulan lewat dan mampir sesaat,” singkat Roem.(iil/jpg/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA