Pajak Mati, Bayar di Tempat

  • 08-11-2018 / 23:11 WIB - Editor: marga
  • Uploader:irawan
Pajak Mati, Bayar di Tempat CEK: Seorang anggota Polwan mencek surat-surat kendaraan seorang pengendara motor saat Operasi Zebra di pertigaan Jalibar, Kepanjen.

MALANG- Satlantas Polres Malang, menggelar razia gabungan dengan be­berapa instansi terkait, Kamis pa­gi kemarin di simpang tiga Jalibar Ke­panjen. Kendaraan yang terjaring Operasi Zebra Semeru 2018, langsung menjalani sidang di tempat. 

Total ada 110 kendaraan yang terjaring dalam razia tersebut.  “Ada banyak pelanggar yang terjaring Operasi Zebra Semeru 2018. Tidak hanya pengendara yang tidak memiliki SIM, tetapi juga ada pelanggar lainnya,” jelas KBO Satlantas Polres Malang, Iptu Edi Purnama. 
Pelanggar yang tidak memiliki SIM atau tidak memakai sabuk pengaman dan helm, langsung menjalani sidang di tempat. Ada petugas dari Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Kepanjen, yang tergabung dalam Operasi Zebra Semeru 2018.

“Bagi pelanggar tersebut, bisa lang­sung membayar denda di tempat. Namun bagi pengendara yang tidak bisa membayar, maka dilakukan tilang,” ujarnya.  Selain itu, petugas juga mengamankan pelanggar yang pajak kendaraannya mati. 

Bagi pengendara yang surat ken­da­raannya mati, langsung diminta untuk memperpanjang atau mengurus di tempat. Karena ada petugas Samsat Talangagung yang juga standby di tempat. Tetapi untuk pelanggar yang tidak bisa membayar pajak kendaraan, dilakukan penilangan. 

Tidak hanya itu, dalam operasi gabungan juga melibatkan petugas dari Balai Uji KIR Talangagung. Kendaraan wajib Uji KIR, yang kedapatan masa berlakunya sudah habis langsung diwajibkan uji di tempat. 

Kalau tidak, dikenakan sanksi admi­nistrasi dari pihak terkait. Sementara razia gabungan kendaraan kemarin, seluruh kendaraan yang melintas dari tiga arah tidak luput diperiksa. Baik kendaraan dari arah Malang menuju Kepanjen atau sebaliknya.

Kendaraan dari Jalibar yang menuju Kepanjen atau Malang ikut diperiksa. “Semua kendaraan baik motor maupun mobil, kami hentikan dan diperiksa semua kelengkapannya. Kendaraan yang melanggar langsung kami tindak,” paparnya. (agp/mar) 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA