Masuki Musim Hujan, Arema Antisipasi Kondisi Lapangan

  • 09-11-2018 / 04:41 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Masuki Musim Hujan, Arema Antisipasi Kondisi Lapangan Tim Arema coba mengantisipasi kondisi lapangan licin saat hujan. (Stenly/mp)

MALANG – Arema FC siaga dengan kondisi cuaca yang mulai tidak menentu di bulan November ini. Dendi Santoso dkk mewaspadai hujan deras yang bakal mengguyur Stadion Kanjuruhan Kepanjen, seperti yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. 
Mereka pun dipersiapkan bakal bermain dengan lapangan tergenang air yang membuat aliran bola tidak maksimal, hingga licinnya rumput di dalam lapangan. “Biasanya kami bermain dengan cuaca yang cerah. Mungkin sekarang kami harus siap-siap akan bermain dalam keadaan hujan,” ujar Pelatih Arema, Milan Petrovic.
Arema kali terakhir bermain dengan kondisi hujan, saat menang melawan Sriwijaya FC, di penghujung putaran pertama Liga 1. Setelah itu, tim Singo Edan kerap bermain dalam cuaca yang terik, karena pertandingan sebagian besar digelar sore hari.
Ada beberapa hal yang menjadi perhatian, misalnya udara yang lebih dingin hingga kondisi lapangan yang becek atau tergenang air. Kondisi demikian bakal berpengaruh pada laju bola yang lebih lambat, sehingga para pemain harus lebih berhati-hati memberikan umpan. “Lapangan, pasti kondisinya akan berubah. Aliran bola antar pemain juga bakal terganggu,” papar dia. 
Meski memiliki catatan bagus menang 3-0 atas Sriwijaya FC saat bermain dalam kondisi hujan, Arema juga sempat membuat torehan tidak maksimal ketika hujan. Di ajang pra-musim, pelatih kepala saat itu, Joko Susilo sampai mencak-mencak, karena bermain dalam guyuran hujan, lapangan rusak dan permainan tim kacau. 
Saat itu Arema yang sudah unggul 2-0, akhirnya bermain imbang 2-2 saat hujan deras mengguyur dan membuat lapangan rusak. Sistem permainan yang sudah disusun, akhirnya kacau, bahkan penggunaan sepatu pemain saat itu dipelototi. “Saya rasa ada persiapan khusus untuk situasi seperti itu. Yang jelas kami harus siap dengan kondisi seperti apapun dalam pertandingan itu,” beber Milan.
Namun, Milan menilai pemainnya sudah siap dengan pertandingan melawan Perseru. Ia juga tidak khawatir, karena sejatinya pemain Arema juga sempat beberapa kali berlatih dengan kondisi hujan di awal musim 2018. 
Kondisi hujan di Malang Raya di pekan ini, memang menjadi perhatian tim Arema. Sebelumnya, tim sempat terganggu hujan ketika menjalani latihan dan menghentikan sesi latihan yang baru berlangsung sekitar 15 menit. Mereka sudah melakukan antisipasi dengan menggelar latihan di pagi hari, di Stadion Gajayana Kota Malang, Kamis (8/11) kemarin. (ley/bua)

 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA