Begini Penderitaan Lee Chong Wei Selama Masa Penyembuhan Kanker Hidung

  • 09-11-2018 / 13:58 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Begini Penderitaan Lee Chong Wei Selama Masa Penyembuhan Kanker Hidung Lee Chong Wei mengaku sangat menderita selama masa penyembuhan kanker hidung yang dideritanya (bwfbadminton.com)

MALAYSIA - Maestro bulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei akhirnya membagikan kisahnya selama menderita kanker hidung. Buat Chong Wei, masa-masa tersebut adalah masa paling kelam dalam hidupnya.

Chong Wei divonis menderita kanker hidung pada bulan Agustus lalu. Kondisi tersebut membuatnya harus menjalani perawatan selama dua bulan di Taiwan, dan tidak bisa berpartisipasi di Asian Games 2018 dan Kejuaraan Dunia 2018.

"Setelah pulang dari Indonesia Terbuka 2018, saya merasa bahwa ada masalah pada kesehatan saya (kesulitan bernapas, Red). Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan dan mengetahui bahwa saya mengidap kanker hidung, saya betul-betul kaget dan sedih. Saya menangis terus selama sepekan," ujar Chong Wei seperti dilansir badmintonplanet.com.

Tak cuma itu, Chong Wei juga menceritakan ia bahkan hampir kehilangan fokusnya dalam beraktivitas setelah mengetahui kenyataan pahit tersebut. "Saya tidak bisa makan, saya tidak bisa tidur. Fokus saya betul-betul kacau saat itu. Tapi saya menyadari bahwa kondisi saya tidak akan membaik dengan meratapi nasib. Saya harus berobat total," ujar Chong Wei.

Setelah diterbangkan ke Taiwan, pihak dokter di rumah sakit tempat Chong Wei dirawat langsung melakukan tindakan medis untuk memusnahkan sel kanker di hidung Chong Wei. Proses ini pun disebut Chong Wei sangat tidak mengenakkan.

"Pada proses penyembuhan tahap pertama, saya tidak bisa berbicara dan bahkan tidak bisa menelan. Prosesnya sangat berat dan menyakitkan. Rasa sakit saya saat cedera di lapangan tidak ada apa-apanya dibanding itu," kata Chong Wei.

Beruntung, proses penyembuhan berjalan dengan baik. Sel kanker di hidung Chong Wei berhasil dieleminasi. Chong Wei pun diperbolehkan pulang ke Malaysia.

Saat ditanya kemungkinan kembali bertanding dalam waktu dekat, Chong Wei mengatakan bahwa dengan proses pemulihan yang ia jalani sekarang, ia berencana sudah kembali memegang raket dua bulan mendatang. Namun, Chong Wei tidak menjamin hal tersebut.

"Tentu saya masih mau bermain bulu tangkis. Tapi saya tidak bisa bilang secara pasti kapan saya akan main lagi. Semua tergantung izin dokter. Buat saya, saat ini kesehatan saya yang paling penting," ujar Chong Wei.(kar/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA