Polisi Ingatkan Emak-emak Pengantar Anak Sekolah

  • 09-11-2018 / 14:07 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Polisi Ingatkan Emak-emak Pengantar Anak Sekolah SPANDUK IMBAUAN: Satlantas Polresta Solo memasang spanduk imbauan untuk para ibu yang mengantar jemput anak. (Ari Purnomo/Jpc)

SOLO - Satlantas Polresta Solo mempunyai cara unik dalam menyosialisasikan keselamatan berkendara. Khususnya kalangan ibu-ibu atau emak-emak yang kerap mengantar jemput putra-putrinya ke sekolah.

Sosialisasi dilakukan dengan menempelkan spanduk bertuliskan, "Warning buat emak-emak antar jemput anak sekolah naik motor, putra putrinya wajib pakai helm. #kena tilang".

Spanduk berukuran 2x1 meter itu ditempelkan di sejumlah sekolah. Mulai dari tingkat taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Sudah ada 20 spanduk yang dipasang Satlantas Solo.

Menurut Kasat Lantas Polresta Solo Kompol Imam Safii, sosialisasi tersebut murni ide dari Satlantas. Sebab selama ini banyak orang tua, terutama ibu-ibu, yang menjemput maupun mengantar anak tanpa memperhatikan keselamatan berkendara.

"Kami sasarannya ibu-ibu, makanya kami pakai kata emak-emak. Ini karena ibu sering mengantar dan menjemput anak. Anak-anak mereka sering kali tidak dilengkapi dengan helm. Ini cukup berbahaya," terang Imam kepada Jpc, Jumat (9/11).

Banyak alasan yang dilontarkan para ibu-ibu saat tertangkap pihak kepolisian. Mulai dari jarak yang dekat, terlalu ribet menggunakan helm, dan berbagai argumen lainnya.

Imam menegaskan, polisi sering memberikan peringatan kepada para orang yang mengabaikan keselamatan tersebut. Ke depan, polisi akan menindak tegas dengan memberikan bukti pelanggaran (tilang) kepada para pelanggar. "Beberapa kejadian melibatkan anak. Akibatnya fatal. Jadi ibu-ibu juga harus memikirkan anaknya, tidak hanya dirinya sendiri," urainya.

Dengan mengenakan helm, anak akan terlindungi saat terjadi kecelakaan lalu lintas. Dengan adanya spanduk imbauan tersebut diharapkan mengubah mindset para orang tua dan lebih memperhatikan keselamatan anak-anaknya. "Keselamatan anak itu juga perlu diperhatikan. Maka harus juga menggunakan helm sebagai standar keamanan berkendara," tandas Imam.(apl/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA