Memukau, Grand Final Joko-Roro di Gunung Kawi

  • 28-04-2018 / 23:37 WIB - Editor: Dewi Yuhana
  • Uploader:angga
Memukau, Grand Final Joko-Roro di Gunung Kawi GRAND FINAL: Para finalis Joko- Roro Kabupaten Malang tampil di panggung grand final. Tari topeng Malangan menjadi hiburan pembuka event yang digelar di Amphitheater Gunung Kawi. (Guest Gesang/Malang Post)

WONOSARI - Grand Final Joko-Roro Kabupaten Malang 2018 di Amphitheater Gunung Kawi, Wonosari, semalam berlangsung meriah. Berbagai penampilan memukau disuguhkan dalam pembukaan event bergengsi yang diselenggarakan tiap dua tahun sekali ini. Diawali dengan tari Topeng khas Malangan dan orkresta Blendid.

Kepala Dinas Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara SH M.Si sebagai pelaksana kegiatan tersebut mengatakan, finalis merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta yang telah mendaftar. “Seluruh finalis ini bersaing untuk menampilkan yang terbaik pada malam penobatan ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan pamuncak ini sengaja diselenggarakan di Gunung Kawi, lantaran pihaknya ingin mengenalkan potensi wisata yang ada di tempat tersebut. “Malam Final Joko-Roro Kabupaten Malang juga dihadiri perwakilan dari luar daerah. Kami ingin mempertegas bahwasanya Gunung Kawi siap dikembangkan menjadi destinasi wisata nasional,” terangnya. Pemenang Joko-Roro Kabupaten malang nantinya akan mewakili Kabupaten Malang pada ajang yang lebih tinggi, salah satunya pemilihan Raka-Raki Jawa Timur.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Bupati Malang Dr H Rendra Kresna memberikan bantuan sebanyak 95 baju karnaval budaya kepada Pemerintah Desa Wonosari atas konsistensinya dalam melestarikan kebudayaan. Rendra juga mengatakan sebenarnya nama Gunung Kawi sudah mendunia.

“Tidak hanya dikenal secara nasional, Gunung Kawi sudah dikenal di luar negeri, salah satunya dikenal sebagai tempat wisata religi,” ujar Rendra.

Maka dari itu dia menyatakan sangat tepat apabila malam penobatan Joko-Roro diselenggarakan di Amphitheater Gunung Kawi. Dia berharap para pemenang ajang bergengsi ini dapat menjalankan tugas dengan baik. “Duta wisata Kabupaten Malang ini di masa mendatang mengemban tugas sangat penting untuk mempromosikan potensi wisata Kabupaten Malang. Sehingga diharapkan angka kunjungan wisatawan semakin meningkat di masa mendatang,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Komandan Kodim (Dandim) 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu, Letkol Inf Ferry Muzzawad, Forpimda Kabupaten Malang, Anggota DPR RI Kresna Dewanata Phrosakh, para pengusaha dari Malang Raya. Hadir pula dalam kesempatan itu hadir pula Putri Kartini Malang Post 2018.(big/han)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA