Kenalkan Diplomasi, DPR RI Gelar BKSAP Day di SMA Islam

  • 16-11-2018 / 22:55 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:irawan
Kenalkan Diplomasi, DPR RI Gelar BKSAP Day di SMA Islam KUNJUNGAN: Anggota DPRI RI, Dr. Hj. Nurhayati Ali Assegaf, M.Si menjelaskan tugas dan fungsi BKSAP sebagai badan alat kelengkapan dewan kepada siswa SMA Islam.

MALANG - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPRRI melakukan kunjungan kerja ke SMA Islam Malang, Kamis (15/11). BKSAP Day dilakukan anggota DPR RI untuk menyosialisasikan badan tersebut kepada siswa-siswi kelas XII SMA Islam. 

Ketua delegasi Dr. Hj. Nurhayati Ali Assegaf, M.Si mengatakan, BKSAP me­rupakan satu badan alat kelengkapan dewan dalam menjalankan politik luar negeri. BKSAP diberikan tanggungjawab untuk mengemban dan meningkatkan hu­bungan persahabatan dan kerjasama antara DPR RI dengan parlemen negara lain.

Kerjasama tersebut dibangun secara bilateral maupun multilateral. “Jika di pemerintahan ada kementerian luar negeri, maka di DPR ada BKSAP yang tugas dan fungsinya memainkan peran politik luar negeri Indonesia,” katanya. 

 Ia menjelaskan, BKSAP day merupakan sa­lah satu agenda penting BKSAP DPR RI yang dimaksudkan sebagai sa­ra­na memperkenalkan konsep dan imple­mentasi diplomasi parlemen.

“Agenda ini rutin kami gelar di beberapa tempat seperti kampus dan SMA,” ujarnya.

Ia menjelaskan, keterlibatan pihak aka­demika dalam hal ini sangat dibutuhkan. Dengan tujuan civitas akademika, baik siswa maupun mahasiswa, turut andil da­lam mendukung pengembangan konsep diplomasi parlemen. “Dengan ini kami ber­harap partisipasi ka­langan siswa dalam me­mahami ke­pen­tingan Indonesia di dunia internasional. Maka dalam berbagai fo­rum international Indoesia harus dikenal sebagai bangsa yang besar,” ungkapnya. 

Nurhayati, yang juga lulusan SMA Islam ini juga tak lupa memberikan motivasi ke­­pada para siswa. Sebagai generasi bangsa, mereka memiliki tanggungjawab besar untuk kemajuan Indonesia di masa yang akan datang. “Sebagai siswa tidak lain tugas kalian saat ini adalah belajar. Bersungguh-sungguhlah, man jadda wa­jada,” tegasnya.

Menurutnya, kunci sukses untuk me­ngembangkan potensi diri hingga dunia internasional tidak lain adalah komunikasi. Oleh karena itu, Nurhayati mengimbau agar siswa-siswi SMA Islam mampu menguasai Bahasa Asing. “Kalau ingin sukses di masa yang akan datang, kuasailah Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, sebagai alat komunikasi internasional,” tukasnya.

Kepala SMA Islam Malang, Drs. Su­larto, M.Pd mengungkapkan, kehadiran Nurhayati Ali Assegaf selaku anggota DPR RI menjadi sebuah momentum yang baik untuk memotivasi peserta didiknya. Apalagi Nurhayati merupakan alumni SMA Islam, tentu menjadi daya tarik tersendiri di mata siswa. “Beliau menjadi salah satu contoh, bahwa lulusan SMA Islam bisa berkiprah di berbagai bidang, termasuk di pemerintahan,” ujarnya.

Meskipun demikian, Sularto tetap mem­berikan kebebasan kepada peserta didiknya untuk menentukan masa depan mereka. “Setiap orang berpotensi. Selagi mereka

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA