Ribuan Pelajar Berlaga di SKARIGA Cup

  • 16-11-2018 / 22:58 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:irawan
Ribuan Pelajar Berlaga di SKARIGA Cup UJI MENTAL: Bertempat di Mall Dinoyo City, ribuan pelajar mengikuti inivitasi Kejurda Tapak Suci se-Jatim.

MALANG – Ribuan pelajar mulai dari siswa TK hingga SMA mengikuti pagelaran Invitasi Kejurda Tapak Suci se-Jawa Timur SKARIGA CUP 2018, Kamis, (15/11),  di Rooftop Mall Di­noyo City. Kejurda keempat kalinya ini merupakan kerja sama SMK PGRI 3 (Skariga) dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Malang yang digelar selama 4 hari, Kamis-Minggu (15-18/11) dengan jumlah peserta mencapai 1.234 siswa.

Skariga menjadi sekolah pertama yang dipercaya menggelar turnamen Tapak Suci di Kota Malang, lan­taran tahun-tahun sebelumnya di­ada­kan oleh Perguruan Tinggi (PT). Untuk itu dengan adanya ke­jurda bagi pelajar ini diharapkan mampu memberikan atmosfer positif mengembangkan bakat bela diri.

“Banyak hal bisa didapatkan siswa melalui bela diri khususnya ta­pak suci, karena mereka akan ter­latih baik secara mental maupun fisik khu­susnya bagi lulusan SMK yang be­gitu lulus langsung bekerja. Tidak hanya pada kegiatan pramuka disiplin juga diperoleh dari sini,” ujar Kepala Skariga Malang, M. Lukman Hakim, S.T.

Disisi lain, kejurda se-Jawa Timur ini juga dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit atlet yang nantinya mampu melaju ke tingkat yang le­bih tinggi baik provinsi, nasional maupun ASEAN. Terlebih melalui bela diri tapak suci siswa bisa me­miliki mental, budaya sikap yang baik, dan berkarakter sesuai harapan.

Lebih lanjut, Invitasi Kejurda Tapak Suci se-Jawa Timur SKA­RIGA CUP 2018 sekaligus untuk menguatkan masyarakat dan orang tua bahwa jika kegiatan fisik ini bu­kan lantas ada niatan untuk mem­bully siswa satu dengan lainnya, me­lainkan pembentukan fisik.

“Karena di dalam Tapak Suci selain pembentukan  fisik juga secara rohani ditata. Karena itu, di SMK PGRI 3 Malang menjadi ekstrakurikuler wa­jib, dan Alhamdulilah sudah banyak menyumbang prestasi bahkan baik pola maupun karakter siswa sudah lebih bagus dan terkondisikan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah (Pimda) 27 Tapak Suci Kota Malang Drs. Kusmadiyono, M.Pd, mengungkapkan, pelaksanaan Invitasi Kejurda Tapak Suci se-Jawa Timur dengan jumlah terbanyak ini diharapkan kualitas atlet tidak ber­kurang. Lantaran setelah ini mereka menjadi bibit yang nantinya mampu mengharumkan Kota Malang.

“Bila tahun pertama hingga ketiga kami melaksanakannya di UB, UM, dan UMM, kali ini di SMK PGRI 3 Malang mampu menyedot peserta terbanyak melebihi target awal yakni hanya 1.000 atlet,” terang Kus­madiyono.

Invitasi Kejurda Tapak Suci se-Jawa Timur SKARIGA CUP 2018 sedikitnya akan dibagi menjadi beberapa kategori turnamen yakni

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA