Ujian Berbasis Komputer, SMAN 6 Berhemat Anggaran

  • 16-11-2018 / 22:58 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:irawan
Ujian Berbasis Komputer, SMAN 6 Berhemat Anggaran PAPERLESS: Siswa-siswi SMA Ngeri 6 Malang mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Semester dengan Computer Based Test.

MALANG- Untuk kali kedua, SMAN 6 Malang melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan sistem Computer Based Test (CBT). Seluruh sis­wa mulai kelas X hingga XII, sejak (12/10) lalu hingga 3 Desember mengikuti ujian berbasis komputer.

Waka Humas SMAN 6 Malang, Sarmi, M.Pd me­nga­takan, ada banyak kelebihan melaksanakan ujian dengan CBT. Dengan berbasis com­pu­ter, UAS dapat terlaksana dengan sangat efektif dan efi­sien. “Bagi siswa sendiri itu mempermudah dalam mengisi jawaban dari pada memakai paper. Sedangkan bagi guru juga sangat membantu dalam proses pengoreksian lebih cepat dan akurat,” katanya.

Di sisi lain, kata dia, UAS dengan CBT semakin meng­hemat biaya. Sebab sekolah tidak perlu lagi membeli kertas. “Jadi selain efektif juga efisien, ujian tidak lagi menggunakan kertas,” ujarnya.

Untuk mengoreksi hasil ujian, juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan hasil ujian dapat diketahui saat itu juga. “Kami tidak membutuhkan banyak pengawas. Jadi sangat efektif sekali,” imbuhnya. 

Sarmi juga mengatakan, sa­lah satu keunggulan dari CBT adalah untuk mengukur aspek integritas kejujuran siswa da­lam mengikuti test. Sebab masing-masing siswa mendapat soal yang berbeda. Atau sis­wa dengan komputer yang berse­­belahan mendapatkan soal yang tidak sama. “Sehingga ke­mung­kinannya sangat kecil untuk nyontek temannya,” kata dia.

Ujian CBT di SMAN 6 Ma­lang setiap harinya dibagi men­jadi tiga sesi. Ada delapan ruangan yang digunakan untuk ujian semester ganjil ini. Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti selain masalah teknis. “Kalau server sudah bagus. Kendalanya kalau mati listrik saja, terpaksa waktu ujian akan mundur,” ungkapnya.

Sarmi menuturkan, pe­lak­sanaan PAS dengan CBT me­rupakan bagian dari penggu­naan tek­nologi yang semakin maju. Da­lam hal ini SMAN 6 harus mam­pu mengikuti ke­majuan itu, salah satunya dengan CBT.

“Toh akhirnya nanti di ujian akhir siswa berhadapan dengan UNBK. Jadi kita harus siapkan mereka dari kelas sepuluh,” imbuhnya. (imm/oci)

 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA