Pesta Kembang Api Buka Pekan Olahraga Kabupaten

  • 19-11-2018 / 16:31 WIB - Editor: marga
  • Uploader:irawan
Pesta Kembang Api Buka Pekan Olahraga Kabupaten

KEPANJEN - Pesta kembang api menandai pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Malang, di Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Porkab ke-VII tahun 2018, secara resmi dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Abdul Qodir, mewakili Wakil Bupati Malang, H.M Sanusi.
Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa Pemkab Malang sangat menyambut baik serta mendukung pelaksanaan Porkab Malang VII tahun 2018. Dengan pelaksanaan Porkab ini, diharapkan bisa membawa dampak positif prestasi olahraga di Kabupaten Malang.
"Tidak hanya  bisa mengharumkan prestasi olahraga di kancah nasional, tetapi kami harapkan juga internasional," ungkap Abdul Qodir.  Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Porkab Malang VII ini, diharapkan bisa menjadi titik lanjut pembibitan dan pembinaan secara kontinyu.
Sekaligus bisa menjaring bibit atlet, yang nantinya dilakukan pembinaan supaya bisa menjadi atlet lebih baik lagi.  “Melihat potensi olahraga ini, Kabupaten Malang sudah seharusnya memiliki olahraga unggulan di tingkat nasional dan internasional,” ungkapnya.
“Karena itu, mari bersama-sama bahu membahu meningkatkan prestasi olahraga," tambah dia.  Sebab, dikatakannya bahwa atlet tidak datang langsung dari langit. Harus ada pembinaan sejak usia dini. Dimulai dari keluarga, sekolah serta dari pelatihnya.

“Kompetisi harus digalakkan di setiap desa dan kecamatan. Seluruh elemen masyarakat termasuk pengusaha harus saling mendukung," ujarnya.  Untuk para official, Abdul Qodir, meminta untuk menjaga kekompakan dan kerjasama yang baik dalam peningkatan prestasi atlet.
Termasuk memperhatikan kesehatan dan pola makanannya. Sedangkan untuk wasit, diminta memimpin pertandingan secara professional dan objektif. Sehingga pelaksanaan Porkab di Kabupaten Malang bisa berjalan sportif dan sukses.
Ketua pelaksana Porkab Malang VII tahun 2018, Djamhuri Jauhari mengatakan bahwa pelaksanaan Porkab untuk memperingati Hari Jadi ke-1258 Kabupaten Malang. Dalam Porkab, ada 25 cabor yang dipertandingkan dan 16 cabor eksebisi.
“Yakni memperebutkan 283 medali emas,” katanya. Ketua Harian KONI Kabupaten Malang, Imam Zuhdi, mengatakan event setiap dua tahun sekali ini, akan berlangsung selama 15 hari, sampai tanggal 25 November mendatang.
Porkab Malang ini, diikuti lebih dari 1300 atlit yang tersebar di 33 kecamatan.  “Kegiatan Porkab Malang ini, untuk menjaring bibit atlet baru yang nantinya bisa dipersiapkan Porprov 2019. Kami juga evaluasi cabor yang tidak bisa dipertandingkan,” tutup dia. (agp/mar)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA