Pasar Besar Malang Dikuasai PKL, Warga Tersingkir

  • 20-11-2018 / 23:47 WIB - Editor: vandri battu
  • Uploader:angga
 Pasar Besar Malang Dikuasai PKL, Warga Tersingkir Pasar Besar Malang

KAWASAN Pasar Besar Malang (PBM) tak kalah semrawut.  Di kawasan bisnis ini, trotoar  tak bisa difungsikan karena dikuasai PKL. Sudah berlangsung bertahun-tahun, tapi mereka bagai sakti menguasai pedestrian. Buktinya setiap kali usai ditindak, cepat pula PKL kembali duduki trotoar.

Pantauan Selasa (20/11) kemarin, para  pedagang berjualan buah-buahan, aksesoris dan baju berjejeran di trotoar dekat tempat parkir. Bahkan mereka juga terang-terangan berjualan di depan bedak milik orang lain.

Salah satu pedagang buah berusia sekitar 50 tahun yang tak ingin disebut namanya, mengaku sudah puluhan tahun berjualan buah di kawasan Pasar Besar. “Saya dari dulu berjualan di sekitar sini. Kalau agak masuk ke dalam, siapa yang mau beli, tidak laku kalau di dalam,” terangnya.

Beberapa waktu lalu,  ia mengaku ditertibkan oleh petugas pengawasan dan ketertiban. Tapi penindakan petugas tak membuahkan hasil. “Namanya orang dagang juga ingin barangnya laku,” ungkap dia.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Besar H. Rifan Yasin enggan memberikan komentar lebih banyak terkait PKL yang ada di sekitar Pasar Besar. “Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab, hal tersebut merupakan wewenang dari Dinas Perdagangan dan juga Kepala Pasar,” terang dia kepada Malang Post.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto mengungkapkan, terkait PKL, pihaknya sudah berupaya memberikan solusi dan rajin melakukan operasi untuk menertibkan mereka. “Seperti yang ada di Pasar Kebalen, kamu persilahkan tapi dibatasi jam-jamnya, termasuk di Pasar Besar,” terang dia.

Wahyu mengungkapkan, setiap hari, pihaknya rutin melakukan operasi untuk menertibkan para PKL tersebut. Sehingga, jika di lapanagan ditemukan PKL yang tidak tertib, ia tidak segan-segan akan mengambil tindakan tegas. “Kalau mereka tidak tertib ya barang-barangnya kami angkut. Selain patroli, kami juga selalu berkoordinasi dengan Satpol PP,” papar dia.

Selama ada petugas yang berjaga, lanjut Wahyu, para PKL tersebut mau mematuhi aturan dan petugas selalu melakukan pembersihan. “Selama ini, kami aktif menghalau PKL sehingga, mereka tertib,” kata dia.

Namun nyatanya, di lapangan masih banyak PKL yang melakukan pelanggaran. “Kami sudah berupaya mengambil tindakan. Kami beri peringatan satu hingga dua kali. Ketiga kalinya, barang kami angkut dan bawa ke kantor. Kemudian, besoknya baru boleh diambil. Ini untuk efek jera saja,” ungkap dia.

Wahyu mengungkapkan, pihaknya sudah memberikan solusi bagi para PKL Pasar Besar untuk diberikan lokasi yang lebih layak. Namun,

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA