Teladani Nabi Lewat Dongeng

  • 21-11-2018 / 23:28 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:irawan
Teladani Nabi Lewat Dongeng ANTUSIAS: Siswa-siswi SDIT Ahmad Yani sangat antusias mendengarkan materi dongeng tentang kehidupan Nabi Muhammad oleh H. Rokhmat, di Masjid Ahmad Yani.

MALANG- H Rohmat, pendongeng asal Malang mengisahkan teladan Nabi Muhammad kepada siswa-siswi SDIT Ahmad Yani, Senin (19/11), di Masjid Ahmad Yani. Dengan karakter pembawaan yang kocak dan lucu, namun tidak keluar dari materi, Rokhmat membuat semua siswa terkesima.

Dongeng islami, diawali dengan tebak ayat sebagai pemanasan. Dengan begitu Rokhmat menggiring siswa agar lebih fokus pada materi. Beberapa siswa berhasil menjawab tebak ayat tersebut. Rokhmat menjelaskan, rumah yang selalu dibacakan ayat-ayat Alquran agar terlihat terang dengan rahmat Allah.

“Kalau rumah tidak pernah dibacakan ayat Alquran akan gelap seperti kuburan, serreem,” katanya, yang langsung disambut ekspresi ketakutan siswa.

Ia melanjutkan, gemar membaca Alquran adalah sifat Nabi Muham­mad. Dalam sirah nabawi yang disamp­ai­kannya terkandung banyak sifat-sifat terpuji lainnya dari Rasul yang patut diteladani oleh siswa. “Semangat dalam beribadah dan keluhuran budi pekerti Rasulullah adalah teladan yang harus dicontoh oleh kita semua,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, siswa-siswi di­jelaskan Sirah Nabawi untuk me­ning­katkan keimanan mereka terhadap Allah dan Rasulullah.

“Setiap peringatan Maulid, kita selalu menyampaikan Sirah Nabawi kepada anak-anak. Tahun ini kita mencoba dengan konsep yang berbeda, yaitu dengan cara mendongeng oleh Ustadz Rokhmat, agar lebih menarik,” ucap Waka Bidang Keuangan dan Sarpras SDIT Ahmad Yani, M. Syafi’i, M. Si.

Senada, Waka Kurikulum SDIT Ahmad Yani, M. Muflihun YR. M. Pd mengatakan, peringatan maulid nabi merupakan momentum yang tepat untuk memperkenalkan lebih dalam kepada siswa akan sosok Nabi Muhammad.

“Seperti inilah kami mengisi Maulid Nabi, bukan berpesta seperti merayakan hari ulang tahun seseorang,” ujarnya.

Menurutnya, dengan menghadirkan sosok pendongeng ulung, memberikan pe­mahaman yang efektif kepada siswa. “Dengan orang lain yang me­nyam­­paikan pada anak-anak, maka menciptakan suasana yang baru dalam pembelajaran,” terangnya.

Sebelum penampilan H. Rokhmat, seorang siswi bernama Naila unjuk ke­bolehannya dalam mendongeng. Siswi yang seringkali juara mendongeng ini membawakan sebuah kisah islami yang berisi motivasi kepada teman-temannya.

Selain itu, dalam kegiatan Maulid Nabi, juga digelar perlombaan. Yaitu lomba mewarnai kaligrafi dengan la­fadz Muhammadur Rosulullah. Untuk kelas 1 dan 2 murni lomba me­warna. Sedangkan untuk kelas 3, 4, 5 dan 6, selain mewarnai, ada tugas me­nambahkan hiasan untuk melengkapi lafadz sehingga terlihat semakin indah. (imm/sir/oci)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA