Pabrik Edukasi Siswa SMKN 4 Malang

  • 28-11-2018 / 23:25 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:irawan
Pabrik Edukasi Siswa SMKN 4 Malang PERESMIAN: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Saiful Rachman MM., M. Pd. didampingi Kepala SMKN 4 Malang, Drs. H. Wadib Su’udi, MM menggunting pita dalam acara launching technopark dan edohouse.

MALANG – SMK Negeri 4 Malang baru saja melaunching sarana technopark dan edohouse beberapa hari yang lalu. Gedung yang dibangun sebagai sarana untuk mengambangkan hasil karya siswa ini diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Saiful Rachman MM., M. Pd.

Kepala SMKN 4 Malang, Drs. H. Wadib Su’udi, MM. mengatakan, technopark adalah sarana tempat pen­jualan produk karya siswa. Sarana ini merupakan pengembangan dari program teaching factory.

“Sehingga karya siswa tidak berhenti di gudang atau di lab saja, tapi disalurkan ke masyarakat menjadi produk bernilai jual,” katanya, saat ditemui Malang Post, kemarin.

Ia menambahkan, technopark dibangun sebagai pabrik edukasi untuk siswa. Dengan sarana tersebut maka dapat mengembangkan pembelajaran praktek berbasis produk. “Hasilnya tidak harus 100 persen, yang penting dari apa yang telah diusahakan ada nilai yang kembali meskipun hanya 25 persen,” ujarnya.

Saat ini, technopark SMKN 4 masih mengakomodir karya siswa dari tiga program keahlian. Yaitu desain, animasi dan grafika. Siswa di bidang desain telah banyak menghasilkan karya seperti kaos, sablon dan bordir. Dan di bidang animasi karya berupa produk film animasi. Sedangkan siswa grafika menghasilkan karya printing, seperti brosur, kalender dan sebaginya.

“Semua produk itu selama ini mereka jual di toko online shop milik MSKN 4, sehingga selain memiliki keahlian anak-anak juga mampu menghasilkan uang,” terangnya.  (imm/oci)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA