Suporternya Diserang Fans Malaysia, Myanmar Kirim Surat Protes

  • 30-11-2018 / 14:22 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Suporternya Diserang Fans Malaysia, Myanmar Kirim Surat Protes Myanmar akhirnya mengirim surat protes ke AFF terkait insiden penyerangan yang dilakukan fans Malaysia terhadap suporter mereka (Fox Sports Asia)

MALAYSIA- Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) akhirnya mengambil langkah tegas. Mereka mengirimkan surat protes ke ASEAN Football Federation (AFF) terkait penyerangan fans Malaysia terhadap suporter mereka. Myanmar berharap mendapat keadilan terkait kasus tersebut.

Seperti diketahui, dalam laga Malaysia vs Myanmar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Sabtu (24/11) malam WIB, ternoda akibat ulah tak bertanggung jawab fans Malaysia. Mereka tanpa alasan jelas menyerang suporter Myanmar yang awalnya sedang menunggu bus di Kuala Lumpur.

Sebanyak 20 suporter Myanmar, termasuk 6 perempuan, tiba-tiba diserang 30 fans Malaysia. Kejadian memilukan itu membuat tiga suporter Myanmar mengalami luka-luka dan harus mendapatkan perawatan medis.

Salah satu suporter Myanmar yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa insiden tersebut sangat buruk. "Ini sangat buruk. Itu terjadi setiap kali kami bermain di Malaysia dan bahkan jika kami kalah," ungkapnya seperti dilansir Fox Sports Asia.

"Kami memberi tahu polisi tentang insiden itu tetapi mereka menjelaskan ke kami bahwa kami yang dianggap memulai serangan. Mereka memerintahkan kami untuk pulang secepat mungkin," sambungnya.

Ternyata, kejadian itu bukan yang pertama dialami fans Myanmar. Pada SEA Games 2017 di Malaysia, fans Myanmar juga mendapat perlakuan tidak semestinya dari suporter Malaysia di luar Stadion Shah Alam, Selangor.

"Ini bukan kejadian yang pertama atau kedua. Ini bukan persoalan Malaysia harus meminta maaf atas tindakan suporter mereka. Kami mengirim surat protes ke AFF juga bukan hanya untuk mencari keadilan bagi fans kami. Kami melakukan ini agar kejadian yang sama tak terulang lagi dan agar sepak bola menjadi pemersatu antarnegara, bukan malah menyakiti," sebut Sekretaris Jenderal MFF, U Ko Ko Thein.

"Negara tuan rumah seharusnya bertanggung jawab terhadap keamanan di sekitar stadion. Tuan rumah juga bertanggung jawab atas keamanan penonton, terutama tim tamu. Jika kejadian tersebut kembali berulang, akan berefek negatif ke integritas AFF. Bisa jadi ke depan tak akan ada yang menyaksikan pertandingan sepak bola. Oleh karena itu, harus dicegah agar hal itu tak terjadi. Untuk itulah kami mengirim surat ke AFF," pungkas Ko Thein.(epr/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA