E-Tilang Dorong Tertib Lalu Lintas

  • 03-12-2018 / 23:00 WIB - Editor: Abdul halim
  • Uploader:abdi
E-Tilang Dorong Tertib Lalu Lintas DIPINDAHKAN: Petugas Satlantas Polres Makota memindahkan CCTV yang digunakan e-tilang dari pertigaan Hotel Savanna ke perempatan Kaliurang, Senin siang kemarin. (MUHAMMAD FIRMAN/MALANG POST)

MALANG - Ketertiban dalam berlalu lintas mengurangi potensi kecelakaan yang fatal bagi pengguna jalan. E-Tilang diujicoba oleh Satlantas Polres Makota untuk melindungi keselamatan pengguna lalu lintas di Kota Malang. Sasarannya adalah Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL), dengan titik utama perempatan Kaliurang.

Senin siang kemarin, petugas Satlantas Polres Makota, memindahkan CCTV E-Tilang di pertigaan Hotel Savanna ke perempatan Kaliurang. Menurut Kasubbag Humas Polres Makota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, pemindahan ini karena Dishub Kota Malang akan mendirikan tiang CCTV baru.

“CCTV di Savanna cuma pindah tempat saja. Dishub akan mendirikan tiang baru. Karena tiang yang lama di pertigaan Savanna mau dirobohkan,” kata Marhaeni kepada Malang Post kemarin. Menurutnya, pemindahan CCTV ini tidak berdampak pada pengawasan terhadap ujicoba E-Tilang.

Karena, KTL di sekitar perempatan Kaliurang, termasuk kawasan padat kendaraan. Sehingga pengawasan diperlukan demi menghindari adanya kecelakaan lalu lintas. CCTV E-Tilang ini bakal mengawasi perempatan yang mempertemukan empat jalan. Yakni, Jalan Letjen Sutoyo, Jalan JA Suprapto, Jalan WR Supratman dan Jalan Kaliurang.

Sistem E-Tilang memang terintegrasi dengan kamera pengintai/CCTV di titik yang rawan pelanggaran. Kamera ini aktif selama 24 jam. Jika ada pengguna jalan yang kedapatan melanggar, maka petugas akan mencatat plat nomornya. Surat tilang langsung dikirim ke rumah alamat pelanggar lalin.

Tak hanya itu, sistem E-Tilang secara otomatis menghilangkan potensi pungutan liar di jalanan. Sementara itu, jumlah pelanggar lalu lintas dalam Ops Zebra Semeru 2018 di Kota Malang, mencapai 4 ribu lebih. Marhaeni berpesan agar masyarakat selalu mematuhi aturan lalu lintas, demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.(fin/lim)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA