Peserta Tes CPNS Malang Raya Ikuti SKB Pakai CAT

  • 03-12-2018 / 23:16 WIB - Editor: Bagus ary
  • Uploader:angga
Peserta Tes CPNS Malang Raya Ikuti SKB Pakai CAT MASA DEPAN: Para peserta seleksi CPNS serius mengerjakan tes untuk masa depan mereka.(foto ilustrasi: DICKY BISINGLASI/MALANG POST)

MALANG-Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Malang Raya tahun 2018 dilaksanakan pada Sabtu (8/12). Bertempat di Balai Serba Guna, Kompleks GOR Kaliwates Jalan Nusantara 12, Jember, tes itu diikuti sekitar 2.672 orang dari Malang Raya. Terdiri dari Kota Batu 447 CPNS, Kota Malang 596 CPNS dan Kabupaten Malang 1.584 CPNS.

Wakil Wali Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M mengatakan bahwa jumlah peserta CPNS yang mendaftar di Kota Batu tersebut merupakan hasil validasi data yang lolos passing grade dan perankingan antara BKN dan Pemerintah Kota Batu. Perankingan dilaksanakan pada tanggal 24 November 2018 di kantor Menpan Jakarta. Diputuskan bahwa untuk hasil peserta yang akan ikut SKB CPNS Tahun 2018 sejumlah 447 orang.

“Sebelumnya untuk peserta yang lolos dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Kota Batu hanya 142 orang atau lima persen dari 2.682 peserta yang lolos seleksi administrasi. Karena kebutuhan formasi CPNS di Kota Batu sejumlah 236 formasi, BKN pusat akhirnya membuat keputusan dengan mengambil peserta tiga peserta yang mendekati nilai passing grade,” urai Punjul kepada Malang Post, Senin (3/12) kemarin.

Hal itu, lanjut Punjul sesuai dengan Permenpan 61 tahun 2018 tetang optimalisasi pemenuhan kebutuhan atau fomasi PNS dalam seleksi CPNS tahun 2018. Sehingga akhirnya diambil tiga orang yang mendekati passing grade. Di mana setiap formasi yang dibutuhkan tiap kota/kabupaten akan diambil tiga orang yang tidak lolos sebelumnya dengan ketentuan mendekati nilai passing grade.

Untuk kemudian, lanjut Punjul peserta yang lolos akan diadu di SKB. Sehingga formasi yang kosong akan terisi semuanya.

“Misalnya saja guru matematika di Beji untuk SDN 1 Beji ternyata dari hasil SKD tidak lulus passing grade. Tapi karena nilainya mendekati passing grade bisa lolos dan ikut dalam SKB di Jember,” bebernya.

Sementara untuk nama- nama yang akan mengikuti SKB di Jember pada Sabtu (8/12) nanti. Pihaknya telah mengumumkan di website Pemerintah Kota Batu melalui www. batukota.go.id dan www.sscn.bkn.go.id untuk diakses oleh peserta.

 

SKB Pakai CAT

Sementara itu di Kabupaten Malang, peserta yang lolos SKB sebelumnya sudah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).  Kabag Humas Pemkab Malang, Dra. Tien Farihah, mengatakan dari informasi jadwal yang dikeluarkan BKN,  diperoleh jumlah peserta SKB dari Kabupaten Malang adalah 1.584 peserta.

”Dari data jadwal yang kami peroleh

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA