Menang Saja Tak Cukup Bagi Arema ke Lima Besar, Masih Bergantung Tim Lain

  • 05-12-2018 / 06:45 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Menang Saja Tak Cukup Bagi Arema ke Lima Besar, Masih Bergantung Tim Lain Milan dan pasukannya tak bisa langsung naik posisi lima, meski menang lawan Sriwijaya FC.

MALANG - Peluang Arema FC untuk meraih posisi terbaik yaitu di peringkat lima klasemen akhir Liga 1 Indonesia, bergantung pada hasil tiga tim lawan, yakni Bhayangkara FC, Borneo FC dan Persebaya Surabaya. Untuk ke lima besar, tim Bhayangkara, Persebaya dan Borneo harus kalah dan  Arema harus menang atas Sriwijaya FC di laga terakhir pekan 34 Liga 1 2018.
Hitung-hitungannya, saat ini Arema mengoleksi 47 poin, sama dengan Persebaya dan selisih satu angka Borneo FC yang mengoleksi 48 poin. Dengan menjungkalkan Laskar Wongkito Jumat 7 Desember 2018 mendatang di Stadion Kanjuruhan, asa Arema meraih posisi terbaiknya di liga bisa tercapai. Tentu saja, Persebaya maupun Borneo harus imbang, lebih baik lagi kalah. Sedangkan Bhayangkara FC harus kalah.
Dari segi lawan, Persebaya menjamu PSIS Semarang 8 Desember di Surabaya, sedangkan Borneo FC juga meladeni PS Tira di Samarinda, Minggu 9 Desember 2018. Milan Petrovic Pelatih Arema mengakui dia ingin mengakhiri kompetisi dengan posisi setinggi-tingginya di klasemen. "Saya ingin Arema mendapatkan posisi yang baik di klasemen ketika kompetisi berakhir," kata Milan.
Untuk mencapai posisi ini, ada skenario alternatif yang bisa ditempuh Arema. Andai Borneo FC imbang atau kalah, serta poin Arema di akhir kompetisi sama dengan Persebaya, tim berlogo singa tinju ini, harus mengandalkan produktivitas gol dan surplus melebihi Persebaya. Arema saat ini mencatatkan 51 gol ke gawang lawan dan kemasukan 41 gol.
Praktis, surplusnya adalah 10 gol. Capaian ini membuat Arema ada di posisi 7. Pasalnya, Persebaya mencatatkan 58 gol dengan kemasukan 48 gol. Kendati poin Persebaya sama dengan Arema, tim pujaan Bonekmania itu mengumpulkan surplus 11 gol sehingga bertengger di posisi 6.
Jika  bisa membantai Sriwijaya FC dan skornya melebihi surplus gol Persebaya yang menghadapi PSIS Semarang di akhir liga, maka Arema minimal berada di atas tim asal ibukota provinsi Jatim itu. Dilengkapi dengan harapan Borneo FC hanya imbang apalagi kalah dari PS TIRA yang membutuhkan poin agar tak terdegradasi, peluang Arema finish 5 besar masih terbuka. "Kami akan berjuang mencari poin tiga, karena masih ada kesempatan memperbaiki posisi akhir klasemen," tutup Milan. (fin/bua)

 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA