Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Solo Merangkak Naik Jelang Nataru

  • 06-12-2018 / 13:52 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Solo Merangkak Naik Jelang Nataru Pedagang cabai di Pasar Nusukan, Solo. Harga cabai rawit di Solo mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000 menjelang natal dan tahun baru. (Ari Purnomo/ jpc)

SOLO- Menjelang perayaan natal dan tahun baru, harga sejumlah kebutuhan pokok di Solo mulai merangkak naik. Kenaikan harga sudah terjadi sejak seminggu yang lalu. Kebutuhan pokok yang mulai naik antara lain telur, daging ayam, dan juga cabai rawit.

                Salah seorang pedagang di Pasar Nusukan, Solo, Roslianawati, 48 menuturkan, harga telur naik sebesar Rp 2.000 per kg. "Sebelumnya Rp 21.000, sekarang naik jadi Rp 23.000 per kilogram. Kenaikan ini sudah terjadi lebih kurang seminggu lalu," urainya kepada JawaPos.com, Kamis (6/12).

Perempuan yang akrab disapa Lina itu menambahkan, kenaikan juga terjadi pada komoditas lainnya. Seperti bawang merah dan bawang putih. Harga bawang merah sebelumnya Rp 21.000 menjadi Rp 23.000 per kg. Sedangkan untuk harga bawang putih mengalami kenaikan Rp 1.000, dari sebelumnya Rp 19.000 menjadi Rp 20.000 per kg.

Kenaikan juga terjadi pada cabai rawit. Pedagang cabai, Darsi, 50, mengatakan, kenaikan harga cabai sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Saat ini harga cabai Rp 20.000 per kg, naik dari sebelumnya sebesar Rp 18.000 per kg. "Kenaikan harga ini mungkin juga karena cuaca saat ini yang terus diguyur hujan, sehingga pasokan menjadi berkurang," kata Darsi.

Untuk harga daging ayam mengalami kenaikan Rp 2.000. Saat ini harganya sebesar Rp 32 ribu per kg. Dipredikasi, harga daging ayam akan terus naik jelang akhir tahun. "Kalau mendekati natal nanti mungkin akan naik lagi menjadi Rp 33.000 per kilogram. Sekarang juga persediaan daging juga sulit," tutur salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Nusukan, Dwi Rahayu.

Komoditas yang harganya stabil adalah daging sapi. Pedagang daging sapi, Jumiati,40, menerangkan, harga sapi tidak terpengaruh dengan perayaan natal dan tahun baru. "Kalau daging sapi itu naiknya biasanya pas Lebaran, kalau natal seperti ini tidak naik," terangnya.

Harga daging sapi dengan kualitas terbaing saat ini Rp 110.000 per kg. Dan Rp 90.000 per kg untuk kualitas yang biasa. Meski sejumlah komoditas mengalami kenaikan, harga minyak curah justru mengalami penurunan. Dari sebelumnya Rp 10 ribu per kg sekarang menjadi Rp 9.000 per kg.(apl/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA