Usai Rocky Gerung Diperiksa, Berkas Ratna Segera Dikirim Ke Kejaksaan

  • 06-12-2018 / 14:06 WIB - Editor: buari
  • Uploader:buari
Usai Rocky Gerung Diperiksa, Berkas Ratna Segera Dikirim Ke Kejaksaan Berkas Ratna Sarumpaet diserahkan ke Kejati DKI (Dok. jpc)

JAKARTA - Usai memeriksa saksi akademisi Rocky Gerung, Penyidik Polda Metro berniat segera mengembalikan berkas perkara tersangka Ratna Sarumpaet ke pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

Berkas tersebut sebelumnya dinyatakan belum lengkap oleh pihak kejaksaan tinggi dari sisi materil. Sehingga berkas perkara sempat dikembalikan ke penyidik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan, berkas perkara Ratna Sarumpaet sudah dinyatakan lengkap oleh penyidik usai melakukan pemeriksaan Rocky Gerung.

"Untuk berkas perkara RS sudah dinyatakan lengkap oleh penyidik. Maka segera akan dikirim kembali ke kejaksaan," kata Argo saat dikonfirmasi, Kamis (6/12).

Selanjutnya setelah dikembalikan kepada Kejaksaan, penyidik akan menunggu lagi hasil pengecekan kelengkapan berkas perkara itu.

Apakah berkas perkara Ratna Sarumpaet itu benar-benar lengkap dan pasti diterima Kejaksaan, menurutnya, hal itu merupakan kewenangan penyidik.

"Setelah berkas diserahkan, penyidik akan menunggu lagi. Apaka pemeriksaan saksi kemarin sudah lengkap atau belum, dan penyidik yang lebih paham," terangnya.

Sebelumnya, berkas perkara tersangka penyebaran berita bohong drama penganiayan Ratna Sarumpaet dikembalikan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI alias P19.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi mengatakan jaksa menilai berkas perkara Ratna Sarumpaet dikembalikan karena ada beberapa syarat formil maupun materil yang perlu dilengkapi oleh penyidik Ditkrimum Polda Metro Jaya.

"Bukan hanya syarat formil saja yang perlu dilengkapi. Tetapi syarat materil juga harus dilengkapi," ujarnya, Rabu (5/12).

Nirwan menjelaskan, kelengkapan berkas perkara penyidikan tersebut perlu melibatkan saksi dan ahli. Salah satu nama yang diusulkan oleh Kejaksaan yaitu Rocky Gerung.

 

Untuk melengkapi berkas perkara Ratna Sarumpaet ini, Nirwan mengaku memang ada nama lain selain Rocky Gerung yang  diajukan ke penyidik. Akan tetapi dirinya tidak bisa menyebutkan nama lain yang dimaksud. Hanya saja, nama-nama itu di antaranya dari saksi dan ahli.

"Itu sudah tanahnya materil, jadi kami tidak punya kewenangan untuk menyebutkan itu," kata Nirwan.(wiw/JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA