Tanam 14.415 Pohon Dapat 22 Hektar Lahan

  • 07-12-2018 / 00:01 WIB - Editor: Bagus ary
  • Uploader:abdi
Tanam 14.415 Pohon Dapat 22 Hektar Lahan TANAM POHON : Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf, Wawali Punjul Santoso bersama Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, Prof. H. Abdul Haris Mag menanam pohon di depan Kampus III UIN Maulana Malik Ibrahim, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada Kamis (6/12) kemarin. (IPUNG PURWANTO/MALANG POST)

UIN Maulana Malik Ibrahim

BATU-UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) membuat gebrakan baru saat memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Provinsi Jawa Timur Tahun 2018, kemarin. Kampus itu menanam 14.415 pohon menerima lahan seluas 22 hektar dari Pemkot Batu menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Peringatan digelar di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Kampus III UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Hadir dalam perayaan itu Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf. Sesuai dengan tema yang diangkat, Daerah Aliran Sungai (DAS) Sehat Sejahterakan Rakyat. Gus Ipul, sapaan akrab Wakil Gubernur Jatim ini menyampaikan bahwa fungsi hidrologi daerah aliran sungai (DAS) perlu segera dipulihkan.

Karena itu pihaknya sangat mendukung dengan adanya kegiatan penanaman ribuan pohon yang digelar oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Lebih dari itu, Gus Ipul mendorong PT untuk terus berinovasi dalam menjaga lingkungan hidup. Khususnya di Kota Batu yang menjadi hulu dari Sumber Brantas. Di mana DAS Brantas mengaliri 15 Kota/Kabupaten di Jawa Timur. 

 “Karena itu UIN harus membuat terobosan luar biasa untuk menyelamatkan lingkungan bersama masyarakat sekitar kampus. Ini harus dilakukan mengingat tantangan kerusakan lingkungan bumi dari waktu ke waktu semakin besar," bebernya.

Ia mengharapkan peran serta UIN untuk membangkitkan tradisi lingkungan yang hilang. Seperti ketika ada anak yang lahir, warga selalu menanam pohon, bahkan setiap diberikan nikmat Allah SWT, warga selalu mewujudkan dengan menanam pohon.

Gus Ipul juga menginginkan Perguruan Tinggi bersama Pemda dan masyarakat mencegah terjadinya kerusakan DAS Brantas. Yang mana jika terjadi kerusakan akan berdampak multidimensi dengan cakupan yang luas dan berpengaruh pada ketahanan air, pangan dan energi.

"Melalui penanaman pohon ini, setidaknya satu orang dalam seumur hidupnya tidak hanya bisa menanam 25 pohon tapi bisa menanam hingga 50 pohon seumur hidupnya. Yang nanti akan bermanfaat dalam jangka panjang untuk menyelamatkan lingkungan," bebernya  

Sementara itu, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim, Prof. H. Abdul Haris Mag sangat senang dengan kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah. Melalui kegiatan menanam pohon itu diharapnya menjadi berkah untuk bagi semuanya. Di mana Haris mengungkapkan kepedulian terhadap lingkungan adalah ajaran agama Islam.

"Kami tidak ingin berhenti sampai di sini. Ke depannya kami akan teruskan dengan kegiatan positif lainnya dan menjadikan kampus III UIN Malik Ibrahim Malang sebagai

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA