Tanggulangi Gempa, Jatim Kerjasama Dengan Prefektur Osaka

  • 11-12-2018 / 13:48 WIB - Editor: Hary Santoso
  • Uploader:HAS
Tanggulangi Gempa, Jatim Kerjasama Dengan Prefektur Osaka Biro Humas dan BPPD Jatim melakukan simulasi penanganan bencana di Perfektur Osaka, Jepang, Selasa siang. (humasprov-jatim)

SURABAYA - Kendati sudah piawai menangani aneka bencana alam, Pemprov Jatim belum merasa puas diri. Terbukti Pemprov Jatim kini menjajaki kerjasama dengan Prefektur Osaka, Jepang, dalam bidang penanggulangan bencana (disaster management).

‘’Pemerintah Jepang sangat ahli dalam bidang itu (penanganan bencana),’’ kilah Aries Agung Paewai, S.STP, MM, Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Jatim di kantornya, Selasa siang.

Di Negeri Matahari Terbit itu, kata Aries, bencana sangat sering tejadi. Mulai bencana gempa bumi, tsunami hingga badai topan. Tetapi, karena Jepang sangat pengalaman menangan bencana maka korban akibat bencana bisa ditekan sekecil mungkin.

‘’Kenapa? Karena penanganan kebencanaan di Jepang sudah menjadi bagian dari budaya,’’ jelasnya. ‘’Sehingga ketika terjadi bencana, masyarakat Jepang sudah tahu apa yang harus dilakukan,’’ tambah pejabat kelahiran Sulawesi ini.

Bentuk kerjasama yang dijajagi, rencananya Pemprov Jatim akan mengundang beberapa guru atau trainer untuk mengajar pendidikan kebencanaan pada sekolah-sekolah di Jawa Timur. Langkah ini meniru pola yang dilakukan di sekolah-sekolah di Jepang.

‘’Mereka mengajarkan pendidikan disaster management melalui kurikulum tersendiri. Disaster management sudah menjadi bagian kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah di Jepang,’’ ujar Aries.

Guna mewujudkan rencana ini, Biro Humas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim sudah berada di Prefektur Osaka. Materi pembahasan diantaranya pengiriman guru-guru SMA/SMK berlatih penyusunan dan penerapan kurikulum penanggulangan bencana. (has)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA

CATATAN

MIMBAR JUMAT