Dies Natalis ke 50, Luncurkan buku 50 Tahun ITN Malang Membangun Bangsa

Dies Natalis ke 50, Luncurkan buku 50 Tahun ITN Malang Membangun Bangsa

Dies Natalis ke 50 ITN (Institut Teknik Nasional) Malang tahun terasa istimewa. Ulang tahun emas tahun ini ditandai dengan penerbitan buku 50 Tahun ITN Malang Membangun Bangsa yang berisi perjalanan perguruan tinggi tersebut sejak berdiri hingga kini.

‘’Alhamdulillah, buku ini bisa terbit bersamaan dengan peringatan 50 tahun ITN Malang,’’ kata rektor ITN, Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT.

Dalam usianya yang mencapai setengah abad ini ITN Malang sudah banyak mencatat prestasi. Yang terbaru, akhir tahun lalu berhasil meraih penghargaan tertinggi Anugerah Kampus Unggul (AKU) Kartika dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Jatim.

Penghargaan Kartika ini diraih setelah ITN Malang meraih AKU selama tiga tahun berturut-turut. Buku karya Husnun N Djuraid, Pemred malangpostinline.com itu diluncurkan bersamaan dengan perayaan Dies Natalis ke 50 ITN di kampus I ITN, Sabtu 5/1/19.

Banyak syarat yang harus dipenuhi agar mampu mendapat penghargaan tersebut. Diantaranya tata kelola yang melibatkan semua pihak yang ada di ITN. Selain itu, tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Kualitas dosen terus ditingkatkan melalui berbagai pendidkan. Dan yang tak kalah penting adalah penelitian dan pengabdian masyarakat. Banyak hasil penelitian yang sudah dihasilkan oleh dosen ITN Malang .

 Berbagai kegiatan pengabdian masyarakat berhasil menciptakan berbagai teknologi tepat guna yang bisa diaplikasikan oleh masyarakat.

‘’Ini menjadi tantangan bagi ITN Malang untuk mempertahankan prestasi yang sudah dicapai, bahkan harus ditingkatkan lagi,’’ tegar doktor alumni Departement of Architecture, Faculty of Built Environment, Universiti Teknologi Malaysia itu.

Usia 50 tahun merupakan tahap sangat penting bagi ITN Malang untuk terus meningkatkan kualitasnya sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (Renip) 2015 – 2035 untuk mencapai tujuan ITN Malang sebagai World Class University.

Periode lima tahun ke depan, ITN  harus mampu menjadi perguruan tinggi yang mamiliki daya saing di tingkat nasional. ‘’Ini bukan pekerjaan mudah, karena persaiangan juga sangat ketat, tapi kami tetap optimis,’’ terang Lalu.

Periode kedua 2020 – 2025, ITN Malang tidak hanya bersaing dengan perguruan tinggi di dalam negeri tapi sudah mulai bersaing di tingkat regional. Pada periode lima tahun berkutnya, ITN Malang harus mulai meningkatkan jejaring dan kiprahnya di dunia internasional. Dan pada akhirnya periode 2030 – 2035 ITN menjadi perguruan tinggi internasional, World Class University.

Berbagai persiapan terus dilakukan terus

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA

CATATAN

MIMBAR JUMAT