Siswa Sabilillah Kuasai Terjemah dan Tafsir Alquran

  • 30-04-2018 / 00:27 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:angga
  • dibaca:230
Siswa Sabilillah Kuasai Terjemah dan Tafsir Alquran WISUDA: Siswa Sekolah Sabilillah Malang mengikuti prosesi wisuda Alquran yang digelar di Masjid Sabilillah, Sabtu lalu.(Dicky Bisinglasi/Malang Post)

MALANG – Sebanyak 359 siswa LPI Sabilillah Malang bersuka cita mengikuti prosesi wisuda Pendidikan Alquran. Peserta wisuda adalah mereka yang telah lulus Tashih pada setiap jenjang mulai TK hingga SMA dengan pembelajaran menggunakan metode Sabilillah Bil Qalam (SBQ).

Siswa peserta wisuda telah mencapai target pada metode tersebut, seperti tingkat TK mereka telah menuntaskan jilid 2 SBQ sementara jenjang SD kelas V sendiri wajib lulus Tashih SBQ di kelas IV kemudian dilanjutkan program Tahfidz juz 30. Sedangkan siswa kelas VIII SMP mereka harus menguasai Tashih SBQ dan terjemah Alquran tematik, begitupun juga kelas XI SMA peserta mencapai target lulus Tashih dan Tafsir Alquran Al Maudlu’i.

Suka cita saat wisuda juga dirasakan oleh salah satu siswi kelas VIII SMP Islam Sabilillah Malang, Tiara Putri Lingua. Menurutnya, ia merasa senang lantaran setelah belajar Alquran setiap hari di sekolah dan seakarang dinyatakan lulus.

“Kalau SMP pembelajarannya terjemahan, insya Allah saya bisa mengusai kira-kira 90 persen,” ujar Tiara.

Menurutnya, pembelajaran Alquran tidak hanya didalami saat di sekolah melainkan juga perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu apa yang telah dipelajari akan lebih bermanfaat dan barokah dunia akhirat.

“Karena di pembelajaran terjemah Alquran tematik ada tiga hal pokok yang ditekankan yaitu ibadah, akidah akhlak, dan fiqih,” ujarnya.

Sebelumnya, para siswa peserta wisuda ini telah menjalani Tashih atau ujian Alquran dengan penguji dari Pendidikan Ilmu Quran (PIQ) Singosari dan Pondok Pesantren Asy-Syadzili Pakis. Pada ujian ini siswa mampu melaluinya dengan baik bahkan banyak diantaranya yang mendapat nilai 90 dari standar 75.

Sebelum prosesi wisuda siswa berkumpul terlebih dahulu untuk mengikuti pelepasan balon. Kemudian siswa menuju ke dalam masjid untuk menerima penghargaan serta ucapan selamat dari masing-masing kepala sekolah.

Sementara itu, Direktur LPI Sabilillah Malang, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd, mengatakan, setelah diwisuda ini LPI Sabilillah mengharapkan siswa secara kontinyu membaca Alquran dengan baik mulai dari caranya, tartilnya, dan tajwidnya semua harus baik.

“Meskipun sudah diwisuda menghafalkan juz Amma atau juz ke-30 harus tetap berjalan, kemudian juga disertai mempelajari artinya,” ujar Ibrahim.

Menurutnya, setiap jenjang dari TK hingga SMA penekanan materinya berbeda, namun apabila siswa tersebut sekolahnya berkesinambungan yakni mulai TK hingga SMA di LPI Sabilillah maka lengkaplah sudah. Dalam artian mereka bisa membaca Alquran dengan

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA