Diberi Bekal Khusus, Lulusan SMK PIM Jadi Incaran Industri

  • 09-01-2019 / 20:23 WIB - Editor: rosida
  • Uploader:slatem
Diberi Bekal Khusus, Lulusan SMK PIM Jadi Incaran Industri foto: M Firman/MP Online

JURUSAN khas yang dimiliki SMK Putra Indonesia Malang (PIM) menjadikan lulusannya istimewa di mata industri. Ditambah lagi, sekolah juga membekali siswa dengan kompetensi sesuai kebutuhan industri. Di era digital, dimana industri sudah berbasis IT, lulusan SMK PIM pun masih jadi incaran industri.

Dua jurusan khas yang dimiliki SMK PIM yakni Kimia Industri dan Farmasi Industri. Pembelajarannya tidak hanya mengandalkan kurikulum nasional namun juga muatan lokal dengan menyesuaikan kebutuhan dunia kerja. Muatan lokal seperti analisis farmasi dan teknik industri tersebut tentunya memiliki peluang besar untuk terjun ke dunia industri. Pun demikian dengan saat ini yang sudah jauh lebih fokus per masing-masing jurusan namun itu tidak memengaruhi yang diajarkan di SMK.

"Dari dua jurusan yang ada peminatnya hampir seimbang, karena memang jurusan tersebut dulunya terbilang langka, dan saat ini Kimia Industri sudah banyak namun kami tetap unggul dengan adanya penerapan muatan lokal," ujar Kepala SMK PIM, Siti Zubaidah, S.Pd.

Adanya muatan lokal seperti analisis farmasi dan analisis kimia industri di SMK PIM membuka peluang lebar terjun ke dunia kerja. Terlebih saat ini perusahaan farmasi mulai berkembang, sehingga tenaga kerja manusia akan selalu dibutuhkan khususnya dalam mengontrol suatu proses produksi.

Ia melanjutkan, meskipun saat ini semua proses pembuatan produk di perusahaan sudah hampir 100 persen menggunakan mesin, namun dalam mengontrol tetap membutuhkan tenaga manusia. Artinya lulusan Kimia Industri masih memiliki peluang besar dalam dunia kerja sepanjang masa.

"Untuk menjemput peluang kerja yang lebih besar lagi, di tahun 2019 ini kami akan menjalin kerja sama dengan banyak industri. Bagaimanapun semakin banyak perusahaan, peluang kerja lulusan kami juga akan semakin besar," urai Zubaidah.

Penyiapan lulusan yang kompeten dan diminati industri dilakukan SMK PIM dengan penerapan model pembelajaran digital. Salah satunya dengan penerapan pembelajaran menggunakan game Quizizz yang dapat diakses dengan mudah oleh guru dan siswa. Sosialisasi juga terus dilakukan agar seiring perkembangan pesat teknologi saat ini.

Quizizz bisa digunakan untuk ujian sehari-hari, sedangkan guna mendukung keterampilan siswanya tetap dilakukan melalui praktik. Terlebih berdasarkan Kementerian Perindustrian, jenjang SMK harus memiliki alat standar minimal seperti halnya ketika sekolah dikatakan Kimia Analisis paling tidak harus memiliki alat spektro.

"Kami sudah melebihi itu dalam muatan lokal itu tadi, Kimia Industri sendiri banyak bekerja sama dengan perusahaan

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA

CATATAN

MIMBAR JUMAT