SPPT PBB Kabupaten Malang Siap Dibagikan

  • 12-01-2019 / 12:18 WIB - Editor: marga
  • Uploader:slatem
SPPT PBB Kabupaten Malang Siap Dibagikan Petugas menunjukkan SPPT PBB milik warga yang sudah dicetak dan siap dibagikan.(IRA RAVIKA/MP Online)

MALANG - Target tak melampaui tak membuat Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Kabupaten Malang putus ada dengan PBB. Terbukti, sejak pekan lalu, petugas Bapenda mulai mencetak SPPT PBB. Rencananya, SPPT PBB tersebut akan disebarkan pada pertengahan Febuari mendatang.

"Sebagian sudah tercetak untuk SPPT PBB. Nanti disebarkan saat kegiatan Pekan  Panutan Pajak, Insya Allah pertengahan Febuari mendatang," kata Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Purnadi.

Dia mengatakan, penyebaran SPPT PBB ini akan diberiksn langsung ke Kades dan Lurah se Kabupaten Malang. Dari Kades dan lurah, SPPT PBB dilanjutkan ke warga.

"SPPT ini merupakan dasar warga untuk membayar PBB. Karena nominal pembayaran pajak tercantum dalam SPPT itu," ungkap Purnadi. Dia juga mengatakan, dari SPPT yang tercetak mengalami kenaikan antara 5-10 persen.

"Kenaikan ini berdasarkan NJOP. Jadi ada itungannya, tidak kita yang buat sendiri," tambah Purnadi.

Seiring dengan tercetaknya SPPT PBB ini, Purnadi juga mengatakan akan langsung mensosialisasikan. Hsrapannya dengan sosialisasi, kesadaran warga membayar PBB pin meningkat.

"Jika kesadaran warga meningkat, maka target pendapatan dari sektor PBB pun dapat terealisasi," tambahnya.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini jugw mengatakan saat ini pihaknys juga melakuksn pendataan ukang untuk objek pajak. Ini dilakukan ksrena banyak objek pajak yang sudah berubah bentuk.

Salah satunya dicontohkan Purnadi adalah dulu  hanys bidang tanah, tapi sekarang sudah ada bsngunan di atasnya. atau  dulu tanah dengan bangunan satu tingkat sekarang berubah menjadi dua tingkat.

"Adanya petubahan itu, maka nilai pajaknya pun berubah, jelas lebih mahal, biaya pajaknya," tandasnya.(ira)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA

CATATAN

MIMBAR JUMAT