Wasit Nurul Ditangkap Satgas, Komdis Segera Panggil Perangkat Lainnya

  • 12-01-2019 / 19:05 WIB - Editor: buari
  • Uploader:slatem
Wasit Nurul Ditangkap Satgas, Komdis Segera Panggil Perangkat Lainnya Satgas Antimafia Bola jadi pihak pertama yang mengungkap keterlibatan wasit dalam pengaturan skor di sepak bola Indonesia. (JPC)

Penangkapan wasit Liga 1 Nurul Safarid oleh Satgas Antimafia Bola membuat Komdis PSSI tak mau kalah cepat. Menurut Ketua Umum Komdis, Asep Edwin, pihaknya merencanakan memanggil seluruh perangkat pertandingan yang bekerja saat laga Persibara Banjarnegara melawan Persekabpas Pasuruan.

Pemanggilan terhadap para perangkat pertandingan dijadwalkan pekan depan. Asep menjelaskan, pemanggilan ini masih dalam tahap rencana. Artinya, Komdis masih menimang-nimang data dan fakta yang sudah didapat agar bisa sesegera mungkin mengeluarkan keputusan.

’’Ya kan wasit Nurul sudah ditangkap. Kami tidak bisa panggil untuk dimintai keterangan, perangkat pertandingannya yang bisa, (dipanggil Komdis)’’ bebernya.

Nantinya, pemanggilan tersebut akan digunakan sebagai bahan rapat. Bahan yang juga akan digunakan sebagai dasar sanksi dan hukuman kepada wasit Nurul.

’’Tapi nanti kami juga akan pikirkan lagi, apakah perlu dilakukan pemanggilan perangkat itu atau langsung menghukum (wasit Nurul). Sesegera mungkin akan kami lakukan,’’ terangnya.

Lantas apakah tidak memanggil Komite Wasit? Asep menegaskan hal tersebut bukanlah wewenangnya. Komdis PSSI tidak bisa memeriksa atau memanggil Komite Wasit terkait kasus yang ada. ’’Komite Wasit itu urusannya Komite Etik. Yang berhak memanggil Komite Etik bukan kami,’’ jelasnya lagi.

Namun, dia tidak menampik sudah pernah meminta klarifikasi dan memanggil salah satu anggota Komite Wasit Nasrul Koto. Asep mengatakan dari pemanggilan itu diketahui bahwa penugasan wasit di seluruh pertandingan sepak bola Indonesia bukanlah wewenang Komite Wasit. Penugasan wasit keluar melalui Sekertariat PSSI.

’’Jadi selama ini semua salah sangka kan? Komite Wasit itu hanya menilai kinerja wasit di lapangan. Bagian penugasan ada di federasi,’’ pungkasnya.(JPC/bua)

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

BACA JUGA

CATATAN

MIMBAR JUMAT