Pentingnya Software Akuntansi & Manfaatnya Dalam Perkembangan Bisnis

  • 10-02-2020 / 13:54 WIB
  • Kategori:Advertorial
Pentingnya Software Akuntansi & Manfaatnya Dalam Perkembangan Bisnis Jurnal Entrepreneur

Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan keuangan. Terutama keuangan sebuah perusahaan atau bisnis, baik itu bisnis kecil ataupun bisnis besar akuntansi memiliki peran penting dalam mengelola keuangan. Karena itulah bidang ini bisa dibilang sangat penting guna kemajuan perusahaan atau bisnis.

Apa Itu Software Akuntansi?

Software Akuntansi adalah program komputer yang dibuat dengan tujuan mengumpulkan semua transaksi yang terjadi di perusahaan dan memproses menjadi jurnal akuntansi serta menghasilkan laporan keuangan utuh yang diperlukan oleh perusahaan secara otomatis. Software ini menggunakan Sistem Manajemen Database. Dengan menggunakan Software maka beberapa User bisa bekerja bersama ke dalam satu database tanpa mengganggu pekerjaan satu sama lain. Saat ini sudah banyak software yang berkembang di Indonesia.

Seiring berkembangnya teknologi, sekarang ini sudah banyak perusahaan pengembang Software membuat Software Akuntansi General. Karena sifatnya adalah software general maka fitur dan modul yang ada di dalamnya ditentukan oleh pengembang software sendiri dengan mengacu pada kebutuhan umum perusahaan. Meskipun demikian pengembang akan terus berusaha mengembangkan Software yang dikembangkannya berdasarkan Peraturan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku.

Manfaat Penggunaan Software Akuntansi

Lalu apa saja manfaat software akuntansi? Berikut manfaat penggunaan software akuntansi dalam bisnis:

  • Hasil laporan dapat dijadikan bahan referensi pengambilan keputusan perusahaan yang ideal karena disajikan secara realtime

  • Mudah digunakan karena dibuat menggunakan istilah yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Bagi pengguna yang belum memahami istilah akuntansi, tersedia template kode-kode rekening perkiraan yang dapat dihapus, diubah atau langsung digunakan dalam transaksi sebagai penyusun laporan keuangan (neraca, rugi laba, buku besar dan buku jurnal).

  • Pencetakan faktur penjualan dapat langsung dilakukan begitu transaksi selesai diinput untuk menghindari terlewatnya pengiriman tagihan kepada pelanggan.

  • Bukti pengeluaran uang perusahaan dapat disajikan dalam dokumen print out yang bisa langsung dibubuhkan tanda tangan pemberi dan penerima dana sebagai bukti dokumen transaksi saat perusahaan Anda diaudit baik oleh audit internal maupun eksternal.

  • Utang dan piutang jatuh tempo disajikan secara up to date sehingga mudah mengontrol arus kas perusahaan. Anda dapat menentukan kapan harus membayar utang dan kapan akan menerima pembayaran piutang.

  • Manajemen harta tetap tidak lepas dari perhatian software akuntansi. Anda tidak lagi harus membuat daftar harta tetap dan menghitung penyusutannya menggunakan spreadsheet untuk kemudian membuat lagi jurnal penyusutan.

  • Laporan analisa bisnis tidak selalu dalam bentuk angka. Laporan analisa bisnis dapat tersaji dalam bentuk grafik informatif untuk memudahkan Anda dalam mengambil keputusan.

  • Bagi perusahaan jasa, Anda dapat menganalisa keuntungan dari masing-masing pekerjaan menggunakan fasilitas proyek. Berapa biaya dan pendapatan yang telah diterima selama pengerjaan berlangsung.

  • Bagi perusahaan dagang, Anda dapat menganalisa barang mana yang paling laku dibeli oleh pelanggan, berapa stok yang tersisa di gudang, kapan harus memesan barang kepada supplier serta berapa keuntungan dari penjualan dari masing-masing barang yang dijual.

Kekurangan Menggunakan Software Akuntansi

Software akuntansi memang sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia. Hanya saja jumlah yang tidak memakai software ini juga tergolong masih cukup banyak. Dan salah satu hal yang mendasari adalah karena software ini dinilai masih belum bisa menggantikan kinerja seorang akuntan secara maksimal. Berikut beberapa kelemahan penggunaan software akuntansi:

  • Beberapa perusahaan menilai bahwa software ini memiliki sistem pengoperasian yang ribet dan membutuhkan maintenance yang rumit.

  • Software akuntansi dinilai terlalu mahal dan tidak benar-benar bisa menggantikan posisi akuntan.

  • Software ini juga dianggap rawan mengalami kesalahan sistem karena beberapa program komputer terkadang mengalami bug yang merugikan.

Tips Memilih Software Akuntansi yang Tepat

Saat ini sudah banyak penyedia software akuntansi. Pastikan Anda memilih penyedia yang menyediakan software terbaik dan terdapat pilihan beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut tips memilih software akuntansi yang tepat :

1. Latar belakang dan Eksistensi Perusahaan

Cari tahu regional perusahaan apakah ada di dalam negara atau di mancanegara. Perusahaan yang berlokasi atau mempunyai perwakilan resmi di dalam negara akan memberikan kenyamanan untuk konsumen sebab mulai pembelian sampai layanan berikutnya akan bisa lebih mudah dihubungi. Latar belakang perusahaan juga akan lebih aman jika dibandingkan dengan produsen perseorangan ataupun kelompok orang.

2. Pahami Jenis Produk dan Fleksibilitas Penggunaan

Pengguna software akuntansi adalah perusahaan yang mempunyai beragam bidang usaha. Artinya penerapan akuntansi juga akan berbeda, contohnya usaha kontraktor akan memerlukan software akuntansi dengan fasilitas jual beli, pembuatan proyek, mengontrol harta tetap berwujud dan grafik untuk menganalisis bisnis. Pastikan segala macam kebutuhan untuk usaha kontraktor sudah disediakan oleh produsen software.

3. Sistem Program Sesuai dengan Kebutuhan

Ketahuilah sistem produk yang sudah disediakan. Produsen software akuntansi yang baik mempunyai dua mekanisme untuk membuat software. Yang pertama adalah menyediakan software yang dirakit di awal kemudian dijual dalam bentuk jadi dan yang kedua adalah menyediakan software sesuai dengan pesanan dan permintaan penggunanya.

4. Kesesuaian Harga dan Fitur yang Ditawarkan

Tampilan antarmuka pengguna yang bagus dan memberikan kesan yang nyaman, keakuratan, stabilitas dan perbaikan akan bug yang berkesinambungan layak diberi harga yang sesuai. Pengguna akan bersedia berinvestasi jika faktor yang dimaksud sudah terpenuhi.

Bagi Anda yang bingung menentukan software akuntansi terbaik, Anda bisa mencoba Jurnal, software akuntansi online tepercaya yang telah membantu puluhan ribu bisnis di Indonesia. Jurnal memiliki fitur akuntansi lengkap yang dapat membantu Anda menunjang perkembangan bisnis, kapan dan di mana saja. Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial hingga 14 hari!  (*)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : -
Uploader : rois
Penulis : -
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU