Investasi Hingga USD 109,2 Juta, Kementrian ESDM Tetepkan Dua Pemenang Lelang WK Migas

  • 08-05-2019 / 09:50 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Investasi Hingga USD 109,2 Juta, Kementrian ESDM Tetepkan Dua Pemenang Lelang WK Migas

MALANGPOSTONLINE.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan dua pemenang lelang wilayah kerja (WK) Blok Migas Konvensional Tahap I 2019. Dua blok WK migas yang telah diloloskan adalah blok eksplorasi Anambas dan blok produksi Selat Panjang.

Wakil Menteri (Wamen) ESDM Arcandra Tahar menyampaikan, pemerintah telah memutuskan untuk memberikan kepercayaan kepada KUFPEC Regional Ventures (Indonesia) limited untuk mengelola blok eksplorasi Anambas. Awalnya, pemerintah mengajukan penawaran pengelolaan blok tersebut dengan banderol USD 2 Juta untuk Signature Bonus (SB).

Namun, kata dia, perusahaan tersebut memberikan komitmen SB yang lebih dari ekspektasi, yaitu USD 2,5 Juta dan total komitmen pasti sebesar USD 35.2 juta. Dengan persyaratan aktivitas G and G, Seismic 3D Purchase and 3D Reprocessing dengan satu sumur eksplorasi.

“Ini akan menjadi blok eksplorasi pertama mereka in 20 years, long time ago ada di Seram,” kata Archandra di Gedung ESDM, Selasa (7/5).

Sementara itu, menurut Archandra, blok produksi Selat Panjang akan diberikan kepada Konsorsium Sonoro Energy Ltd. bersama PT Menara Global Energi. Selat panjang awalnya dibanderol dengan USD 5 Juta untuk Signature Bonus (SB) dengan nilai Komitmen Pasti (KP) sebesar USD 62 juta.

Akan tetapi kedua perusahaan tersebut berani membayar dengan harga yang jauh dari ekspektasi. Archandra menyampaikan, kedua perusahaan itu membayar sebesar USD 5 juta untuk SB dan KP USD 74 juta.

Dengan aktivitas komitmen pengelolan 6 sumur eksplorasi, Seismik 2D 500 km dan Seismik 3D 200 km2. “Ini lebih tinggi tawarannya sekitar 11 juta USD dari yang ditawarkan,” pungkasnya.

Adapun hasil keputusan tersebut telah ditekan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Migas atas nama Menteri ESDM No. 0116.K/13/DJM.E/2019 tanggal 6 Mei 2019.

Sebagai informasi, pada Rabu (8/5), ada dua blok migas lagi yang akan kembali ditender ulang. Mereka adalah blok eksplorasi West Ganal dan blok produksi West Kampar. Sementara Blok eksplotasi West Kaimana belum ada yang diminati.

Berikut daftar pemenang lelang WK Migas Tahap I 2019:

1. Blok Eksplorasi Anambas
Tawaran pemerintah: KP tak disebutkan, pemerintah hanya menyebut tawaran itu jauh dari ekspektasi. Namun tawaran SB semula hanya USD 2 Juta.

Pemenang: KUFPEC Regional Ventures (Indonesia) limited dengan total komitmen pasti sebesar USD 35.2 juta dan bonus tanda tangan sebesar USD 2,5 juta.

2. Selat Panjang
Tawaran Pemerintah: USD 5 Juta untuk Signature Bonus (SB) dengan nilai Komitmen Pasti (KP) sebesar USD 62 juta.

Pemenang: Konsorsium Sonoro Energy Ltd. dan PT Menara Global Energi dengan total komitmen pasti sebesar USD 74 juta dan bonus tanda tangan sebesar USD 5 juta. Total investasi yang didapatkan negara: USD 109,2 juta. (JPC/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : JPC
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU