Kuartal I 2019

Awali Tahun 2019, Citibank Indonesia Catatkan Laba Bersih Rp 838 Miliar

  • 10-05-2019 / 09:06 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Awali Tahun 2019, Citibank Indonesia Catatkan Laba Bersih Rp 838 Miliar

MALANGPOSTONLINE.COM - Mengawali tahun 2019, Citibank Indonesia mencatatkan kinerja positif. Pada Triwulan Pertama 2019, Citibank membukukan laba bersih Rp 838 miliar, tumbuh 44 persen dari periode yang sama tahun Lalu. Pertumbuhan laba bersih tersebut didorong oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih yang menjadi Rp 1,1 triliun dan pendapatan perdagangan bersih sebesar Rp 313 miliar.

“Kami telah memulai tahun 2019 dengan sangat baik. Kami terus berkomitmen untuk tumbuh serta memajukan perekonomian, dengan menjadi yang terbaik bagi para klien kami,”ujar Chief Executive Officer Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi di Jakarta, Kamis (9/5).

Batara menuturkan peningkatan pendapatan bank memberikan kontribusi pada peningkatan Return on Equity (ROE) menjadi 20,75 persen dari 14,31 persen pada tahun sebelumnya dan peningkatan Return on Asset (ROA) menjadi 5,26 persen dari 3,95 persen di triwulan pertama 2018. Sementara portofolio kredit meningkat 15 persen year on year (yoy) menjadi Rp 48,2 triliun.

“Kontribusi utama pertumbuhan portfolio kredit berasal dari lini bisnis Institutional Banking, terutama pada sektor industri manufaktur, pertambangan dan perantara keuangan (financial intermediary),”tuturnya.

Selain itu, Batara mengungkapkan, kinerja bank yang positif ini juga ditunjang oleh pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) berkelanjutan yang tumbuh sebesar 11 persen. Pertumbuhan DPK tersebut memungkinkan Bank untuk mencatatkan rasio lending-to-funding (RIM) yang solid sebesar 79,21 persen.

Meskipun mencatatkan pertumbuhan aset yang signifikan, Batara memastikan bahwa tingkat kecukupan permodalan serta kualitas aset Bank tetap kuat. Besaran rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 23,37 persen dan rasio Non Performing Loan (NPL) bruto dan netto masing-masing sebesar 2,30 persen dan 0,53 persen.

Di lini Institutional Banking, Citibank terus berkomitmen untuk memberikan solusi, konten dan produk bernilai tambah bagi klien korporasi. Di Markets, Citibank Indonesia menyediakan solusi Citi InstantFX guna memberikan peningkatan personalisasi dalam hal pemesanan tiket. Melalui inisiatif ini, penumpang internasional dari luar Indonesia, kini dapat membayar tiket penerbangan mereka dan pembelian lainnya yang dilakukan melalui situs dan aplikasi mobile dalam mata uang pilihan mereka.

“Berbagai pencapaian positif yang berhasil kami raih di sepanjang kuartal I 2019 menjadi benchmark bagi kami untuk senantiasa mendorong pertumbuhan dan mendukung kemajuan ekonomi.Kami sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan, mitra bisnis, klien serta pemangku kepentingan Citibank atas kerjasama dan kepercayaan yang diberikan,”tutupnya. (JPC/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : JPC
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU