PT Bestprofit Futures Malang Edukasi Industri Perdagangan Berjangka Komoditi

  • 11-05-2019 / 15:37 WIB
  • Kategori:Ekonomi
PT Bestprofit Futures Malang Edukasi Industri Perdagangan Berjangka Komoditi MANFAAT: Kepala Divisi Riset dan Pengembangan Usaha PT. Bursa Berjangka Jakarta, Lukas Lauw menerangkan manfaat perdagangan berjangka komoditi.

MALANG - PT. Bestprofit Futures (BPF) Malang memberikan edukasi pengenalan industri perdagangan berjangka komoditi kepada wartawan di Malang, Sabtu (11/5) siang. Salah satu pematerinya yakni Kepala Divisi Riset dan Pengembangan Usaha PT. Bursa Berjangka Jakarta, Lukas Lauw.

Ia menerangkan tentang definisi berjangka ataupun komoditi, sebelum membahas berbagai keuntungan yang didapat di bidang futures ini, dibandingkan bisnis investasi lain, swperti emas toko, property dan investasi lainnya. "Banyak keunggulan yang didapat dari perdagangan berjangka," ungkap Lukas, sapaannya.

Kepada malangpostonline.com, keunggulan perdagangan berjangka, memiliki peluang dua arah. "Potensi keuntungan dari pergerakan harga naik  ataupun harga turun, transaksi dengan leverage yakni menggunakan margin dan kliring serta penjaminan. Memastikan bahwa setiap transaksi merupakan pasangan jual dan beli," urainya.

Sementara itu, Deka, Kasubdit Audit PT. Kliring Berjangka Indonesia menerangkan fungsi lembaga kliring dalam perdagangan bursa  berjangka adalah melakukan fungsi inovasi atau substitusi untuk transaksi kontrak berjangka atau derivatif yang didaftarkan oleh anggota kliring pembeli dan penjual. 

"Melalui proses novasi atau subtitusi, lembaga kliring akan menjamin hak dan kewajiban pembeli untuk setiap anggota kliring penjual dan akan menjamin hak dan kewajiban penjual terhadap setiap anggota kliring pembeli," tambahnya.

Atas setiap kontrak yang terdaftar dan merupakan suatu kontrak terbuka, lembaga kliring akan melakukan perhitungan keuntungan dan kerugian atas kontrak tersebut."Berdasarkan harga penyelesaian yang ditetapkan oleh bursa," tutupnya. (mar)

Editor : mar
Uploader : slatem
Penulis : marga
Fotografer : marga

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU