RUPST BNI, Bagi Dividen Rp 3,75 Triliun ke Pemegang Saham

  • 14-05-2019 / 10:18 WIB
  • Kategori:Ekonomi
RUPST BNI, Bagi Dividen Rp 3,75 Triliun ke Pemegang Saham

MALANGPOSTONLINE.COM - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menyetujui pembagian dividen tunai kepada pemegang saham senilai Rp 3,75 triliun untuk tahun buku 2018. Porsi dividen ini sebesar 25 persen dari laba bersih 2018 yang mencapai Rp 15,02 triliun.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengungkapkan payout ratio dividen tahun ini sebesar 25 persen, lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 35 persen, karena Perseroan menyisihkan lebih besar laba bersih untuk meningkatan modal untuk mendukung ekspansi kredit tahun 2019.

“Kami mengusulkan ke pemegang saham agar dividen dari laba bersih 2018 sebesar 25 persen,” ujar Baiquni usai RUPST PT Bank Negara Indonesia Tbk di Jakarta, Senin (13/5).

Diungkapkan, dividen sebesar Rp 3,75 triliun yang dibagikan kepada pemegang saham tersebut setara dangan Rp 805 per saham. “Untuk dividen bagian pemerintah atas kepemilikan 60 persen saham akan disetorkan ke rekening kas negara,” imbuh Baiquni.

Sisa laba besar tahun buku 2018 yang mencapai 75 persen atau sebesar Rp 11,26 triliun akan dimanfaatkan sebagai saldo laba ditahan. Penambahan modal untuk mendukung ekspansi kredit uang akan dilakukan tahun ini. “Penambahan modal ini akan membuat rasio kecukupan modal di posisi 18,5 persen meski kita melakukan ekspansi kredit,” imbuh Baiquni.

Penambahan modal dengan memanfaatkan laba ditahan sebagai bagian dari strategi BNI untuk mempertahankan CAR tanpa mengurangi ekspansi kredit yang dilakukan. “Pertumbuhan kredit BNI selalu berada di atas rata-rata industri perbankan. Untuk itu, kita butuh tambahan modal untuk mendukung posisi CAR di level 18,5 persen. (JPC/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : JPC
Fotografer : JPC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU