BI: Emas Makin Diserbu Investor!

  • 28-08-2019 / 13:30 WIB
  • Kategori:Ekonomi
BI: Emas Makin Diserbu Investor! Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti

MALANGPOSTONLINE.COM, JAKARTA - Gejolak ekonomi global menimbulkan 'new normal'. Perang dagang yang menghantui dunia membuat investor berburu aset yang aman.

Ya, jawabannya masih sama yakni emas.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti menceritakan ketidakpastian global tensinya makin tinggi dan banyak investor yang melakukan pembelian kembali ke surat berharga negara di AS.

"Kemudian emas. Inflow ke emerging markets [negara berkembang] tertahan karena ketidakpastian global maka mereka kembali ke aset yang low risk," tutur Destry dalam acara UOB Economic Outlook 2020 di The Ritz Carlton Ballroom, Rabu (28/8/2019).

Dilansir Dari CNBC, Destry menambahkan, perang dagang dampaknya sudah dirasakan dunia. Nilai perdagangan di dunia turun drastis.

Kemudian, sambung Destry, berbagai negara telah melonggarkan kebijakan moneternya dengan menurunkan bunga. Dengan tantangan global yang cukup tinggi, Destry mengatakan Indonesia mulai terdampak.

"Ekspor kita turun terus. Apakah komoditi dan manufaktur," terang Destry.

Struktur ekonomi Indonesia, menurut Destry masih ditopang dari komoditas andalan ekspor. Sayangnya, saat ini, sambung Destry ada'shrinking'. 

"Walaupun begitu kelebihan Indonesia masih memiliki kekuatan dalam pertumbuhan. Ekonomi pada Q2 tumbuh 5,05% dan sepanjang 2019 kami perkirakan 5,0-5,4%," tutur Destry. (cnbc/mg/bua/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNBC
Fotografer : CNBC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU