'Bulan Madu' Xpander Usai, Penjualan Mitsubishi 2019 Landai

  • 31-12-2019 / 10:21 WIB
  • Kategori:Ekonomi
'Bulan Madu' Xpander Usai, Penjualan Mitsubishi 2019 Landai

Malangpostonline.com - Mitsubishi mengakui salah satu penyebab surutnya penjualan pada tahun ini dibanding 2018 yakni karena masa 'bulan madu' Xpander telah usai.

Dilansir dari CNN, mengulik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Mitsubishi pada Januari-Oktober mencapai 100.312 unit. Hasil itu turun sekitar 19 persen ketimbang hasil periode sama 2018 yakni 123.826 unit.

Head of Public Relation & CSR Department Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Aditya Wardani menjelaskan penjualan bulanan pada November diyakini naik sekitar 7 persen dibanding Oktober. Dia mengatakan belum bisa memperkirakan hasil akhir penjualan Mitsubishi pada tahun ini.

"Capaian penjualan jika dibandingkan 2018 memang sedikit menurun, hal ini dipengaruhi penjualan Xpander yang pada tahun lalu masih dalam honeymoon periode," kata Aditya melalui pesan singkat, Senin (30/12).

Bulan madu dalam otomotif bisa diartikan kondisi saat permintaan unit 'meledak' setelah peluncuran selama periode tertentu. Masa bulan madu ini relatif, bisa sampai hitungan bulan, setengah tahun, atau lebih.

Usai Xpander resmi diperkenalkan pada Agustus 2017, Xpander langsung jadi pusat perhatian sebab penjualannya sempat mengusik Toyota Avanza yang memegang gelar mobil terlaris di Indonesia.

Pada 2018, Avanza tetap mobil terlaris di Tanah Air dengan catatan 82.167 unit dan 'anak baru' Xpander langsung melesat menjadi mobil terlaris kedua sebanyak 75.075 unit.

Aditya mengatakan pada 2018 Mitsubishi banyak mendapatkan emotional buyer dan juga masih ada pemenuhan inden Xpander yang didapat pada bulan-bulan sebelumnya.

Secara keseluruhan Xpander masih menjadi mobil penumpang terlaris Mitsubishi sepanjang 11 bulan dengan hasil 56.500 unit. Pajero Sport yang mengemas 16 ribu unit menyusul di belakang Xpander.

"Kontribusi penjualan terbesar masih dipegang Xpander yang mencapai 44 persen dari keseluruhan penjualan kami secara nasional di bulan Januari - November 2019," kata Aditya. (ryh/fea/cnn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU