Uang Beredar Tembus Rp 6.072 Triliun Per November 2019

  • 31-12-2019 / 14:20 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Uang Beredar Tembus Rp 6.072 Triliun Per November 2019

Malangpostonline.com - Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas perekonomian dalam negeri atau uang beredar  yang mencakup, uang kartal dan giral yang dipegang masyarakat, tabungan, simpanan berjangka dalam rupiah dan valas, serta giro mencapai Rp6.072 triliun pada November kemarin. Posisi tersebut tumbuh 7,1 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 6,3 persen.

BI melalui pernyataan yang mereka sampaikan melalui website resmi menyatakan kenaikan pertumbuhan uang beredar tersebut ditopang oleh peningkatan komponen uang beredar dalam arti sempit (M1). Menurut catatan mereka, jumlah uang beredar dalam arti sempit meningkat dari 6,6 persen pada Oktober lalu menjadi 10,5 persen.

Peningkatan bersumber dari kenaikan uang kartal dan giro rupiah.  Selain itu, peningkatan juga didorong oleh kenaikan pertumbuhan aktiva luar negeri bersih, ekspansi operasi keuangan pemerintah serta percepatan penyaluran kredit.

Untuk aktiva luar negeri, BI mencatat pertumbuhan naik dari 2 persen secara year on year pada Oktober lalu menjadi 4,6 persen. Untuk operasi keuangan pemerintah, BI mencatat ada ekspansi sebesar 2 persen dibanding bulan sebelumnya yang mengalami kontraksi 10 persen.

Ekspansi terjadi sejalan dengan peningkatan tagihan sistem moneter kepada pemerintah pusat yang diikuti oleh perlambatan kewajiban terhadap pemerintah pusat. Sementara itu berkaitan dengan penyaluran kredit, BI mencatat tumbuh 7 persen pada November kemarin.

Pertumbuhan tersebut lebih tinggi jika dibandingkan Oktober lalu yang hanya 6,6 persen.  Meskipun demikian, BI mencatat komponen uang kuasi dan surat berharga selain saham tumbuh melambat pada November kemarin. (agt/cnn/Malangpostonline.com)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU