Istana Boneka

Gencar Garap Merchandise, Target Tembus 60 Persen

  • 03-01-2020 / 19:39 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Gencar Garap Merchandise, Target Tembus 60 Persen FINISHING: Founder Isbon, Susan Soewono (tengah), menunjukkan proses produksi boneka di pabrik Isbon.

Malangpostonline.com - Istana Boneka (Isbon) akan semakin gencar menggarap segmen merchandise di tahun 2020. Jika sebelumnya merchandise menyumbangkan perolehan omzet 30-40 persen, maka tahun ini diharapkan bisa melesat ke angka 50-60 persen.

Founder Isbon, Susan Soewono, mengatakan, saat ini Isbon sudah menggarap merchandise berbagai perusahaan. Tidak hanya perusahaan lokal dan nasional, tetapi juga internasional.

"Mulai dari perbankan hingga perhotelan sudah menjadi klien kami. Karena itu kami berharap di tahun ini permintaan merchandise bisa semakin tinggi," ujar Susan saat Visiting Factory Isbon Bersama Influencer dan Media, Jumat (3/1).

Untuk ukuran, Susan menyebutkan, rata-rata perusahaan memilih ukuran boneka kecil hingga sedang sebagai merchandise. Sedangkan kisaran harga, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu.

Selain merchandise, Isbon juga melayani pembuatan maskot event maupun tim. Beberapa tim sepakbola besar di tanah air seperti Arema, Persija dan Persebaya sudah mempercayakan pembuatan maskot boneka kepada Isbon.

Sementara untuk boneka yang dijual secara komersil, Susan mengaku jika Isbon terus melakukan inovasi dan desain. Bahkan dalam satu bulan, selalu diluncurkan karakter baru. Terkini adalah karakter dalam film Disney, Frozen.

"Sejak 2014 kami sudah mengantongi lisensi resmi dari Disney. Sempat absen 1 tahun, tapi di 2019 lalu, kami kembali mendapatkan lisensi tersebut. Sehingga kami memproduksi boneka karakter Disney secara rutin," jelasnya.

Saat ini Isbon sudah memiliki 33 cabang. Di Malang ada empat cabang, Jakarta 12 cabang, Bandung 3 cabang dan lainnya tersebar di berbagai kota. Pengerjaan produk dipusatkan di Malang dengan tahapan mulai dari desain, pola, potong, jahit, pengisian dakron hingga finishing. (nda)

Editor : adinda
Uploader : slatem
Penulis : dinda
Fotografer : dinda

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU