Kenaikan Harga Emas Antam Tertinggi Sejak 2013

  • 07-01-2020 / 20:40 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Kenaikan Harga Emas Antam Tertinggi Sejak 2013 Rekor : Harga Emas Antam mencapai angka tertinggi sejak tahun 2013, menyentuh angka RP. 700 ribu per gramnya.

Malangpostonline.com - Disebut dampak dari kenaikan harga minyak mentah dunia, harga emas batang Antam menyentuh nilai jual tertingi sejak tahun 2013. Yakni menyentuh angka Rp. 700 ribu per gramnya pada hari Senin (6/1).

“Benar kemarin Senin (6/1) kenaikan harga tertinggi sejak tahun 2013, tapi untuk hari ini harganya sudah turun lagi di angka Rp. 692 ribu,” kata salah seorang karyawan Toko Emas Bulan Purnama Pasar Besar, Arif Purwo pada Malang Post Selasa (7/1).

Efek dari kenaikan harga tersebut adalah adanya peningkatan penjualan emas batang oleh masyarakat. Khususnya bagi mereka yang memang fokus pada investasi emas batang. Namun disampaikannya, tipikal masyarakat Malang lebih suka berinvestasi ke emas perhiasan.

“Kemarin itu ada beberapa yang jual, tapi tidak banyak juga. Karena kebanyakan kalau di Malang lebih suka investasi ke emas perhiasan,” sebutnya.

Dijelaskannya, kenaikan emas batang sendiri diengaruhi oleh dua faktor utama, yakni harga minyak mentah dunia dan juga harga mata uang Dollar Amerika. Sedang fluktuasinya belakangan ini memang cukup terlihat.

“Kalau yang sekarang ini kayanya dipengaruhi sama harga minyak mentah dunia yang lagi tinggi,” jelasnya.

Sedang kenaikan harga tinggi untuk emas batang Antam sendiri sebenarnya juga memberikan pengaruh terhadap harga emas perhiasan. Namun pengaruhnya juga tidak terlalu signifikan. Sebab harga emas perhiasan juga dipengaruhi oleh tingginya biaya jasa pembuatannya.

“Kalau untuk emas perhiasan ya ngefek, tapi kalau kenaikan segitu masyarakat masih tetap mau beli” sambungnya.

Sementara itu, dijelaskannya bahwa untuk penjualan emas perhiasan sejauh ini terpantau stabil meskipun harganya juga tepengaruh dari kenaikan harga emas batang. Penjualan emas perhiasan terpantau ramai ketika memasuki masa akhir pekan.

“Kalau penjualan stabil, hari biasa normalnya 25 item perhiasan bisa terjual. Tapi kalau weekend bisa terjual sampai 70 item,” pungkasnya.(asa)

Editor : asa
Uploader : slatem
Penulis : asa
Fotografer : asa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU