Makin Panas, Israel Boikot Ekspor Pertanian Palestina

  • 10-02-2020 / 10:51 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Makin Panas, Israel Boikot Ekspor Pertanian Palestina Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memilih surat suara saat ia memberikan suara pada pemilihan parlemen Israel di Yerusalem 9 April 2019. (Ariel Schalit / Pool via REUTERS)

Malangpostonline.com - Ketegangan antara Israel dan Palestina kini menjalar ke ekonomi. Bahkan Israel pada Minggu (9/2/2020), memberlakukan larangan melintas bagi ekspor pertanian Palestina di persimpangan Allenby.

Padahal, persimpangan Allenby menjadi satu-satunya pintu akses ekspor negeri mahmud Abbas itu ke negara lain. Meski, perbatasan yang melintas antara Yordania dan Tepi Barat itu dikontrol ketat oleh militer Israel.

"Mulai hari ini ... ekspor produk pertanian Palestina ke luar negeri melalui persimpangan Allenby tidak akan diizinkan," ujar COGAT sebuah unit Kementerian Pertahanan Israel, dikutip dari AFP.

Menurut militer Israel, ini dilakukan sebagai balasan pada penghentian impor anak sapi Israel oleh Palestina. Israel mengklaim, aksi Palestina itu melukai peternak sapi Israel.

Sebelumnya, Palestina menegaskan langkah penghentian itu adalah upaya agar tidak tergantung pada Israel.

Sementara itu, Menteri Pertanian Palestina Reyad Attari mengatakan kepada AFP bahwa blokir yang dilakukan Israel pada barang yang melintasi Jembatan Allenby melanggar perjanjian antara kedua belah pihak.

"Itu tindakan yang sangat berbahaya," katanya, dikutip dari CNBC Indonesia.

Otoritas Palestina menanggapi langkah itu dengan melarang impor produk Israel diantaranya minuman ringan dan air mineral.

Israel dan Palestina kerap berkonflik. Terbaru, bentrok kembali lagi terjadi pekan kemarin, setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan membuat proposal perdamaian baru untuk keduanya.

Namun, banyak pihak memandang draf Trump bias ke Israel. Penolakan pada proposal itu disampaikan sejumlah pihak, bukan hanya Palestina tapi Uni Eropa dan negara Afrika. (sef/sef/cnbc/bua)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNBC
Fotografer : CNBC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU