Sempat Naik Dampak Corona, Harga Bawang Putih di Lamongan Kembali Turun

  • 13-02-2020 / 13:17 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Sempat Naik Dampak Corona, Harga Bawang Putih di Lamongan Kembali Turun Penjual bawang putih di Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)

Malangpostonline.com  -  Stok bawang putih di Lamongan aman, meski sempat terpengaruh merebaknya virus Corona di China. Harga bawang putih di sejumlah pasar di Lamongan juga mulai turun.

Data yang dihimpun dari Disperindag Lamongan, harga bawang putih di sejumlah pasar mulai turun. Di 4 pasar yang ada di Lamongan, di antaranya Pasar Sidoharjo, Pasar Babat, Pasar Mantup dan Pasar Brondong harga komoditas bawang putih mulai turun.

Jika minggu lalu bawang putih sempat menyentuh harga Rp 55 ribu/kg, saat ini harga sudah turun menjadi Rp 42 ribu-Rp 45 ribu/kg.

"Pantauan sampai hari ini sudah mulai turun menjadi Rp 42 ribu hingga Rp 45 ribu/kg," kata Kepala Disperindag Lamongan Muhammad Zamroni, Kamis (13/2/2020).

Zamroni mengakui memang sempat ada kepanikan di masyarakat Lamongan terkait kelangkaan bawang putih karena adanya lonjakan harga cukup signifikan. Namun, aku Zamroni, saat ini stok dan harga bawang putih sudah mulai normal kembali. "Stok bawang di Lamongan saat ini masih aman," ujarnya.

Zamroni juga meminta masyarakat agar tidak perlu panik berlebihan karena harga dan stok barang sudah normal. Pemerintah terus memantau harga dan kebijakan impor bawang juga masih tetap jalan. "Kebijakan (impor) pemerintah tetap jalan dan kita terus pantau harga bawang putih di pasar," tandasnya.

Untuk lebih menstabilkan harga bawang putih, pihaknya meminta distributor segera melepas barangnya ke pasar dan tidak menimbun bawang putih. Pasalnya, tegas Zamroni, tim satgas pangan Lamongan dan Bulog akan terus melakukan pengawasan dan mengecek ketersediaan bawang putih. "Satgas pangan daerah sudah bertindak melakukan pengawasan," pungkasnya.(fat/fat/dtk/bua)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : DTK
Fotografer : DTK

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU