Jokowi Kaji Diskon Tiket Pesawat 30 Persen

  • 17-02-2020 / 15:24 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Jokowi Kaji Diskon Tiket Pesawat 30 Persen

Malangpostonline.com-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memberikan diskon tiket pesawat sebesar 30 persen bagi wisatawan mancanegara. Rencana masih dalam kajian dan tengah dihitung bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat terbatas, Senin (17/2).

Rencana diskon tiket pesawat dimaksudkan untuk merangsang industri pariwisata yang tengah gigit jari karena wabah virus corona dari Wuhan, Hubei, China.

"Saya, tadi pagi telah bertemu dengan Menteri Keuangan kemungkinan masih kami hitung bersama-sama sore hari ini untuk memberikan diskon bagi wisman, yaitu 30 persen dari tarif riil. Tapi, nanti kami putuskan," ujarnya membuka ratas.

Namun, sambung Jokowi, keputusan diskon tiket pesawat bagi wisman akan diberikan dalam tiga bulan ke depan, sembari pemerintah menentukan destinasi yang akan diberikan stimulus.

Tak cuma wisman, Jokowi juga akan memberikan diskon tiket pesawat dengan kisaran 30 persen untuk wisatawan domestik. Bahkan, untuk biro perjalanan, potongan harganya bisa mencapai 50 persen.

"Termasuk di dalamnya juga diskon untuk wisatawan domestik, diberikan juga minus (diskon) 30 persen. Sehingga, betul-betul menggairahkan dunia wisata kita, karena memang sekarang baru ada masalah karena virus corona," imbuh Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama menaksir wabah virus corona berisiko merugikan sektor pariwisata hingga US$4 miliar atau sekitar Rp54,6 triliun (kurs Rp13.650 per dolar AS) dalam satu tahun.

"Ini bicara kerugian potensi satu tahun ya. Kami kan tidak tahu kapan (wabah virus corona) ini kelar, mudah-mudahan ini cepat," terang Wishnutama.

Jika dirinci, sekitar US$2,8 miliar atau sekitar Rp38,2 triliun berasal dari hilangnya pemasukan devisa wisatawan asal China.

Ia menuturkan rata-rata kunjungan turis China ke Indonesia mencapai 2 juta kunjungan per tahun dengan rata-rata pengeluaran US$1.400 per kunjungan.

Tak cuma kunjungan turis China, ia mengingatkan wabah virus corona juga mempengaruhi keputusan berwisata warga negara lain ke Indonesia.

Kementerian Perhubungan telah menunda sementara penerbangan dari dan ke seluruh destinasi China. Penundaan berlaku mulai Rabu, 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB, sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

Larangan sementara ini juga berlaku bagi bagi maskapai asing yang melakukan penerbangan dari China menuju Indonesia, termasuk penerbangan transit dari China. (pris/bir/cnn/bua)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU