Chevrolet Hengkang PHK 1.500 Orang, Honda Tutup Pabrik

  • 25-02-2020 / 10:24 WIB
  • Kategori:Ekonomi
Chevrolet Hengkang PHK 1.500 Orang, Honda Tutup Pabrik

Malangpostonline.com - Dunia otomotif di kawasan sedang dirundung kabar yang tak sedap, GM atau Chevrolet memutuskan menutup pabriknya mulai Juni 2020 di Thailand dengan mem-PHK 1.500 orang, juga menghentikan penjualan mulai Maret di Indonesia. Kini, kabar mengejutkan datang dari Filipina, akhir pekan lalu Honda Motor Co Ltd mengumumkan penutupan pabrik mereka di dekat Kota Manila.

Dalam laporan Reuters, Honda Cars Philippines, Inc. (HPCI) mengumumkan menutup pabrik mereka mulai bulan depan di Sta. Rosa, Laguna, Manila, Filipina. Pabrik Honda di Filipina itu mempekerjakan sekitar 650 orang, memproduksi Honda BR-V dan Honda City.

Honda menegaskan langkah ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen Honda di Filipina agar tetap menyajikan produk dengan harga yang terjangkau dan berkualitas, melalui strategi distribusi sumber daya yang lebih efisien.

"Setelah mempertimbangkan upaya optimalisasi dalam operasi produksi di wilayah Asia dan Oseania, Honda memutuskan untuk menutup operasi pabrik," tulis Honda dalam pernyataannya resminya, dikutip dari CNBC Indonesia.

Keputusan ini tak membuat Honda benar-benar hengkang dari Filipina karena mereka tetap melanjutkan penjualan mobil dan layanan purnajual di pasar Filipina yang memang tak segemuk di Thailand atau Indonesia. Penjualan mobil di Filipina tak sampai 500 ribu unit per tahun, pada 2019 hanya terjual 360 ribu unit lebih.

Setelah menutup pabrik pada bulan depan, Honda akan memanfaatkan jaringan regional Honda Asia dan Oseania untuk tetap mensuplai mobil ke Filipina.

"Honda akan terus menyediakan produk yang sangat menarik bagi para pelanggannya di Filipina dan terus memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat, yang telah menjadi upaya berkelanjutan selama 50 tahun terakhir sejak Honda didirikan di Filipina," tulisnya. (hoi/hoi/cnbc/bua)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNBC
Fotografer : CNBC

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU