Menteri Rini Ingin Fintech Pendatang Baru LinkAja Bisa Salip Alipay

  • 08-04-2019 / 14:20 WIB
  • Kategori:Techno
Menteri Rini Ingin Fintech Pendatang Baru LinkAja Bisa Salip Alipay

MP Online - Baru akan diluncurkan pada 13 April 2019 mendatang, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno punya keinginan untuk menjadikan ‘fintech pendatang baru’ milik perusahaan pelat merah yakni LinkAja bisa menyalip Alipay.

“Kita harus punya sistem pembayaran yang benar-benar dimiliki oleh Indonesia,” kata Rini, Minggu (7/4).

Rini optimistis LinkAja mampu menyaingi Alipay sebab banyaknya jumlah penduduk yang ada di Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang saat ini mencapai 250 juta jiwa, Rini yakin LinkAja dapat menyalip Alipay milik Alibaba.

Pemakaian LinkAja ini, lanjut Rini, sama halnya dengan penggunaan kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) pada ATM. Rini mengambil contoh bahwa sebelum ada GPN, Indonesia menggunakan visa dan mastercard.

Sehingga, otomatis setiap tahunnya ada biaya yang keluar untuk fee. Padahal, transaksinya dilakukan oleh orang Indonesia di dalam negeri.

“Ke depan kita bisa 350 juta jiwa, ke mana-mana kita harus mampu mempunyai sistem keuangan sendiri. Kita mulai dengan BUMN, keluarga BUMN semua harus pakai LinkAja,” tuturnya.

LinkAja akan resmi diluncurkan 13 April 2019. Untuk tahap awal 21 Februari lalu, T-cash sudah bersalin nama jadi LinkAja. Nanti dompet digital TBank milik BRI, Yap! milik BNI, ecash milik Bank Mandiri dan T-Money milik Telkom akan dilebur ke dalam LinkAja. (JPC.MPOL/bua)

Editor : bua
Uploader : irawan
Penulis : JPC
Fotografer : ist

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU