Merek Mobil Baru Morris Garage Santer Masuk Indonesia

  • 10-01-2020 / 10:44 WIB
  • Kategori:Techno
Merek Mobil Baru Morris Garage Santer Masuk Indonesia

Malangpostonline.com-- Pembina industri otomotif di Tanah Air, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), menjelaskan merek blasteran Inggris dan China, Morris Garage (MG), belum secara langsung berkonsultasi dengan pihaknya terkait keinginan menjajaki bisnis di dalam negeri.

"MG belum ada obrolan ke saya, apa mereka sudah kasih report sama direktorat saya, belum tau. Tapi ke saya belum," kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin Harjanto saat dihubungi, Kamis (9/1).

MG merupakan anak perusahaan asal China, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC). Saat ini SAIC sudah memulai bisnis di Indonesia melalui anak perusahaannya yang lain, SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia).

Menurut Harjanto kemungkinan MG baru sekadar 'permisi' kepada asosiasi pelaku industri yaitu Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Mungkin ke Gaikindo sudah datang, ke kami belum tapi. Nanti saya cek. Saya jadi belum bisa komentar banyak, soalnya orang [pejabat MG] tidak ada bilang apa-apa ke saya," ucap Harjanto.

Harjanto juga mengatakan izin usaha otomotif yang berkaitan dengan investasi berada di area Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dia mengatakan tugas Kemenperin memberi arahan kepada pelaku industri otomotif.

"Ya mereka bisa ke BKPM untuk dapat izin usaha industri. Kalau ke kami dia pasti biasanya akan konsultasi seperti kebijakan pemerintah. Tanya soal policy ke depan agar bisa menyesuaikan produk yang ingin dijual," katanya.

"Kalau bicara sama kami, tentu kami berikan infonya. Kemenperin hanya pembina. Tapi kalau tidak mau bicara misalnya hanya BKPM dan langsung berdirikan ya bisa saja," kata Harjanto lagi.

Harjanto menambahkan jika MG ingin punya strategi matang pasti mereka bakal berkonsultasi lebih dahulu dengan Kemenperin seperti halnya Hyundai sebelum memutuskan resmi menyuntik dana untuk pembuatan pabrik di Indonesia.

"Kalau punya kehati-hatian mendalam mereka pasti konsultasi seperti Hyundai. Berkali-kali datang ke kantor saya menanyakan seperti apa policy, jadi apa nanti yang bisa mereka dorong," ucap Harjanto.

Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gaikindo mengakui sudah ada pertemuan antara Gaikindo dengan pihak MG. Namun demikian dia bilangg belum mendapat informasi perkembangan selanjutnya.

"Gaikindo menunggu aplikasi dan jika semua persyaratan dipenuhi maka kami menyambut baik merek apa pun untuk masuk ke Indonesia dan menjadi anggota Gaikindo," kata Jongkie. (ryh/fea)

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU