Baru Launching Gapura UB Telah Diunduh Lebih Dari 12 Ribu Pengguna

  • 15-01-2020 / 21:54 WIB
  • Kategori:Techno, Kampus
Baru Launching Gapura UB Telah Diunduh Lebih Dari 12 Ribu Pengguna Tampilan depan Gapura UB terdapat beberapa menu pilihan seperti fakultas dan program, fasilitas, pimpinan, dan update berita terkini Universitas Brawijaya/MP

Malangpostonline.com - Universitas Brawijaya (UB) luncurkan aplikasi Gapura UB baru-baru ini. Gapura merupakan sistem informasi layanan terpadu yang memberikan kemudahan terkait sistem informasi UB bahkan nantinya semua layanan di kampus ini akan diintegrasikan ke dalam Gapura.

Gapura UB menggunakan sistem Single Sign On (SSO) yang berkolaborasi dengan Gsuite. Layanan ini pun memiliki beberapa keunggulan seperti lebih mudah, efisien, aman, terintegrasi, dan terkolaborasi.

Kepala UPT TIK UB, Achmad Basuki, S.T.,M.MG.,Ph.D, mengatakan, kemunculan Gapura UB sudah sejak lama direncanakan dengan konsep terintegrasi. wujudnya Gapura UB dengan motto Satu Aplikasi Banyak Kemudahan.

"Tidak banyak aplikasi mobile, satu aplikasi yang bisa untuk orang tua, mahasiswa, dosen dan karyawan, jadi ada dua pilihan mengakses Gapura UB sebagai pengunjung saja untuk mengetahui informasi secara umum misal fakultasnya apa saja, pimpinan UB siapa saja, sejarah termasuk statistik dan kalender akademik ada," ujar Abas, sapaan akrabnya.

Kemudahan yang ditawarkan pada aplikasi ini adalah kemudahan mengakses informasi. Kalau kita menggunakan website berarti harus hafal alamatnya satu per satu, sementara dengan Gapura UB sudah di navigasi informasi apa saja yang tersedia.

Misalnya pengguna Gapura UB adalah seorang mahasiswa maka bisa mengakses semua informasi dapat masuk melalui akun mahasiswanya. Menu yang tersaji akan berbeda dengan pengunjung biasa, terdapat informasi khusus misal melihat profil mahasiswa, status, pembayaran biaya kuliah dan tagihan, waktu pembayaran, rekap hasil studi di masing-masing semester, dan lain sebagainya.

"Buat orang tua pun juga beda, dengan masuk menggunakan akun yang kami sediakan melalui fakultas juga bisa melihat perkembangan studi anaknya, demikian pula bagi dosen bisa melihat jadwal mengajarnya, mahasiswa bimbingan akademiknya, dan ada informasi mengenai remunerasi beliau," urainya.

Satu aplikasi bisa menampilkan banyak informasi termasuk menampilkan menu yang berbeda antara dosen, mahasiswa, karyawan, orang tua dan pengunjung biasa. Gapura UB bisa didownload melalui google play store dan App Store bagi pengguna iPhone.

Dikatakannya bahwa sejak diluncurkan belum lama ini, aplikasi tersebut sudah diunduh oleh 10 ribu lebih pengguna android dan 2700 lebih pengguna iPhone. Meskipun Gapura UB belum bisa memenuhi harapan semua pengguna namun kedepan aplikasi ini akan terus mengalami perbaikan termasuk memperbanyak fitur.

"Responnya positif, ratingnya bagus dan banyak masukan, pengguna yang banyak kan mahasiswa dan dosen dengan Gapura UB mereka sangat terbantu, meskipun saat ini konsepnya masih baca informasi, kedepan akan pelan-pelan akan kami integrasikan demi pelayanan lebih baik," tandas Abas.

 Bagi pengguna orang tua, melalui Gapura UB juga bisa memantau biaya kuliah sang anak, termasuk tagihan dan tanggal pembayaran. Selai  informasi seputar perkuliahan, aplikasi ini juga terhubung dengan portal berita UB sehingga pengakses bisa update kabar terbaru kampus di jalan Veteran ini.  (lin)

Editor : lin
Uploader : slatem
Penulis : lin
Fotografer : asa

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU