Welcome! Replika Mobil Pertama di Dunia Mejeng di Museum Nasional Indonesia

  • 08-02-2020 / 13:31 WIB
  • Kategori:Techno
Welcome! Replika Mobil Pertama di Dunia Mejeng di Museum Nasional Indonesia Mobil pertama di dunia hadir di Indonesia Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Malangpostonline.com - Menyambut ulang tahun ke-50 di Indonesia, Mercedes-Benz mendonasikan sebuah replika mobil pertama di dunia kepada Museum Nasional Indonesia. Bernama Benz-Patent Motorwagen, unit yang didonasikan ini merupakan salah satu replika dari total 90 unit Benz-Patent Motorwagen yang ada di dunia.

"Kami gembira dapat mendonasikan replika asli mobil pertama di dunia, Benz-Patent Motorwagen, kepada Museum Nasional Indonesia. Dengan donasi ini, kami mendukung Museum Nasional Indonesia menjalankan misinya mengedukasi wilayah Indonesia dan sejarahnya," kata Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk Jun, di Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Untuk diketahui, mobil pertama di dunia ditetapkan pada 29 Januari 1886. Bermula dari Carl Benz yang mengajukan paten kendaraan bermotor roda tiga yang diciptakannya untuk pertama kali di Berlin.

Sejak itu, hari bersejarah ini ditetapkan secara resmi sebagai hari kelahiran sebuah mobil. Pada saat bersamaan dengan Benz, Gottlieb Daimler juga membangun kendaraan bermotor empat roda pertama. Meski demikian, walaupun pada awalnya bekerja masing-masing, para pendiri Daimler AG dan brand Mercedes-Benz yang telah sukses secara global meletakkan batu fondasi untuk seluruh kendaraan penumpang saat ini, serta di segmen kendaraan niaga dan bus.

Sebagai sebuah mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen disebut menjadi simbol kepioniran dari semangat kesempurnaan. Pada waktunya, kendaraan bermotor roda tiga ini menunjukkan bahwa mobilitas telah mencapai era baru. Sementara, kendaraan bermotor Daimler telah menjadi kendaraan bermotor roda empat pertama di dunia.

Mercedes-Benz punya sejarah panjang di Indonesia. Pada 1894, kendaraan bermotor pertama hadir di pulau Jawa, yakni Benz Victoria Phaeton yang dimiliki Sultan Solo, Pakoe Boewono X. Sejak itu, Mercedes-Benz telah menjadi luxury brand otomotif di Indonesia.

"Kami bangga merayakan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia dengan berkontribusi pada museum dan upayanya dalam bidang pendidikan dan budaya transportasi," ujar Choi Duk Jun.

Replika mobil Benz Patent-Motorwagen akan dipajang dalam pameran sementara yang bertajuk 'Perjalanan menuju 50 tahun kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia' di Museum Nasional Indonesia. Pameran ini terselenggara mulai tanggal 8 hingga 15 Februari 2020.(lua/lth/dtk/bua)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : MG
Penulis : DTK
Fotografer : DTK

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU