WHO Bakal Luncurkan Aplikasi Covid-19 Hari Ini

  • 30-03-2020 / 11:31 WIB
  • Kategori:Techno
WHO Bakal Luncurkan Aplikasi Covid-19 Hari Ini WHO bakal luncurkan aplikasi virus corona (Istockphoto/Warchi)

Malangpostonline.com - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) berencana meluncurkan aplikasi khusus Covid-19 di Android, iOS, dan website. Aplikasi itu rencananya akan berisi berita, tips, peringatan, dan banyak lagi untuk membuat publik mendapatkan informasi selama pandemi akibat infeksi virus corona SARS-COV-2.

Pengembangan tahap pertama aplikasi WHO MyHealth akan di luncurkan di Android dan iOS pada Senin (30/3). Adapun versi awal dari aplikasi yang sedang dalam proses sebelum diluncurkan berisi saran terkait Covid-19.

Aplikasi yang akan diluncurkan bernama WHO MyHealth. Aplikasi itu diusulkan oleh tim ahli sukarela yang telah membentuk 'WHO Covid App Collective. Tim itu terdiri dari mantan karyawan Google, Microsoft, pakar industri teknologi, serta penasihat dan duta WHO.

Berdasarkan dokumen desain asli aplikasi, aplikasi WHO MyHealth bakal menawarkan notifikasi peringatan khusus ke penggunanya berdasarkan lokasi. Selain itu, aplikasi itu akan menawarkan 'triase mandiri' yang dapat membantu mendiagnosis apakah gejala yang diamali cocok dengan infeksi Covid-19.

Pada skala yang lebih besar, tim berencana menawarkan WHO untuk mengetahui riwayat perjalanan kasus Covid-19 melalui Android atau iPhone sebagai langkah untuk lebih memahami penyebaran virus. Namun, rencana itu masih dikaji lebih jauh mengingat hal itu terkait dengan provasi seseorang.

Melansir CNN Indonesia memanfaatkan teknologi seperti Google Maps memungkinkan pengguna untuk menunjukkan apakah orang lain telah didiagnosis atau telah melakukan kontak dengan pasien Covid-19.

Aspek lain yang menarik dari kisah ini adalah bahwa WHO Covid App Collective pada awalnya membuat aplikasi dengan Ionic React sebelum beralih ke Flutter SDK platform-Google, tidak hanya untuk aplikasi seluler tetapi juga aplikasi web. Bahkan, beberapa anggota tim Flutter dan Dart Google telah secara sukarela membantu dan memberi nasihat dalam pengembangan aplikasi WHO.

WHO Covid App Collective pada awalnya membuat aplikasi dengan Ionic React sebelum beralih ke Flutter SDK platform-Google. Tak hanya untuk selulera, tim itu juga membuat untuk versi website. Bahkan, beberapa anggota tim Flutter dan Dart Google secara sukarela membantu dan memberi nasihat dalam pengembangan aplikasi WHO, seperti dilansir 9to5Google.

 Melansir Hindustan Times, WHO MyHealth bakal disajikan dengan enam bahasa, yakni Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia, dan Spanyol.

 WHO diketahui sudah memberikan informasi terperinci tentang wabah Covid-19 melalui situs webnya dan chatbot WhatsApp. Aplikasi khusus tidak hanya akan membantu dalam mengatasi kesalahan informasi seputar wabah virus, tetapi diklaim akan membantu memerangi wabah dengan membantu orang tetap aman.

Akun WhatsApp WHO Health Alert bisa dijajal ke nomor +417 9893 1892. Pengguna akan disuguhkan berbagai opsi untuk mengetahui hal-hal seputar pandemi Covid-19.

Selain WHO, chatbot serupa dalam bahasa Indonesia juga diluncurkan oleh UNICEF yang bisa dikontak ke nomor 08119004567.

Sementara chatbot Whatsapp buatan pemerintah bisa diakses ke nomor +6281133399000 atau https://wa.me/6281133399000. Pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan lewat situs https://www.covid19.go.id/tanya-jawab/. Situs tersebut akan memberikan jawaban otomatis dari pertanyaan pengguna. (jps/eks/cnn/bua)

 

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

Editor : bua
Uploader : rois
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU