1.521 Karateka Berebut Piala Wali Kota Malang dan IKIP Budi Utomo di Malang Open X 2019

  • 24-11-2019 / 16:43 WIB
  • Kategori:All Sport
1.521 Karateka Berebut Piala Wali Kota Malang dan IKIP Budi Utomo di Malang Open X 2019

Malangpostonline.com - Piala wali Kota Malang dan IKIP Budi Utomo dalam ajang Malang Open X 2019 diperebutkan oleh 1.521 karateka nasional dan internasional. Total ada 332 medali bagi para juara di 89 kelas pertandingan. Peserta pada kompetisi yang berlangsung selama dua hari 23-24 November di GOR Ken Arok ini bersaing sengit demi memperoleh gelar juara.

Pada hari pertama misalnya, dari ratusan kontingen yang ikut serta Malang Open X 2019 Forkab Malang menempati urutan pertama dilihat dari jumlah perolehan medali. Yakni 7 medali emas, 8 perak, dan 11 perunggu. Urutan kedua ditempati Inkai Sepande dengan perolehan 6 medali emas, 1 perunggu, dan 2 perak sedangkan diurutan berikutnya ada Dojo Harimau  dan Brunei Darussalam.

Ketua Forki Kota Malang, Ahmad Lani, memaparkan, peserta Malang Open X 2019 dari tahun ke tahun semakin menunjukkan kualitas lebih baik, tidak hanya diikuti oleh karate dari seluruh Indonesia melainkan juga ada dari Brunei Darussalam.

“Semoga tahun depan peserta dari luar negeri semakin bertambah dan penyelenggaraan Malang Open X semakin meningkat kualitasnya,” ujar Lani, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Malang Open X 2019 lebih tepatnya ajang untuk mengasah skill karate peserta sekaligus mencari bibit unggul dari Kota Malang sehingga nantinya dapat bersaing di kancah provinsi maupun nasional. Dengan menyedot ribuan peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia pertandingan pun semakin baik begitu pula dengan kualitasnya.

Pada hari pertama Malang Open X 2019 lebih pertandingan lebih banyak menampilkan peserta junior sedangkan pada hari kedua didominasi partai senior. Sehingga nuansa persaiangan semakin sengit, namun tetap berjalan lancar tanpa adanya insiden cidera serius.

“Peserta tahun ini lebih banyak dari usia dini, karena memang ajang ini juga untuk pengkaderan kedepannya,” jelasnya.

Salah satu peserta Malang Open X 2019, Nurdiah Indahsari Suhariyanto, mengatakan, selama mengikuti pertandingan tidak ada kendala, semua berjalan lancar lantaran sudah mempersiapkan kompetisi ini jauh-jauh hari.

“Ikut kompetisi di kelas senior-61 dan alhamdulilah dapat medali perunggu, sebelum mengikuti kompetisi ini saya sudah mempersiapkan dengan matang termasuk latihan rutin  setiap harinya,” terang perempuan yang sudah mengikuti karate sejak 6 tahun lalu ini.

Menariknya, selain mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan nantinya para juara juga berkesempatan mendapatkan beasiswa studi S1 atau S2 di IKIP Budi Utomo. Lantaran kampus ini sendiri sangat mendukung pengembangan olah raga sekaligus menjadi fasilitator generasi muda yang tertarik dengan keolahragaan. (lin/Malangpostonline.com)

Editor : lin
Uploader : slatem
Penulis : lin
Fotografer : Guest

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU