Fotografer Dilarang Meliput Pembukaan SEA Games 2019

  • 30-11-2019 / 12:51 WIB
  • Kategori:All Sport
Fotografer Dilarang Meliput Pembukaan SEA Games 2019

Malangpostonline.com - Jelang upacara pembukaan SEA Games 2019 pada Sabtu (30/11) malam di Philippine Arena, Bocaue, Bulacan, muncul aturan fotografer dilarang meliput upacara pembukaan pesta olahraga dua tahunan Asia Tenggara tersebut.

Kabar soal pelarangan mengambil gambar ini dibenarkan salah satu fotografer dari Indonesia yang melakukan liputan langsung di Manilia, Filipina.

Fotografer tersebut mendapatkan informasi larangan mengambil gambar pembukaan SEA Games 2019 dari Direktur Broadcast dan Media SEA Games 2019, Pauline Ick.

"Kemarin dia bilang [Pauline Ick], yang boleh ambil foto hanya ofisial saja," ujarnya, dikutip dari CNN Indonesia.

"Kalau kita mau ambil foto dipersilakan ambil dari situs resmi. Disarankan kalau ambil foto di bagian luar stadion saja," ia menambahkan.

Media Filipina Manila Standard juga memberitakan hal serupa. Panitia Penyelenggara SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC) menyatakan hanya tiga atau empat fotografer dari penyelenggara dan kantor berita resmi yang diperbolehkan masuk ke stadion.

"Untuk upacara pembukaan hanya untuk fotografer ofisial. Kami membatasi akses media besok untuk upacara pembukaan. Segala hal terkait pembukaan akan disiarkan langsung ABS-CBN," kata Pauline.

Keputusan dari PHISGOC ini pun turut dipertanyakan Ketua Himpunan Fotografer Filipina. "Itu adalah pertanyaan banyak orang," ucapnya dikutip dari Manila Standard.

Pelarangan fotografer mengambil gambar upacara pembukaan ini membuat kontroversi penyelenggaraan SEA Games di Filipina belum menunjukkan tanda-tanda selesai.

Sebelumnya masalah transportasi, ketersediaan hotel, makanan ideal untuk atlet hingga renovasi venue dinilai cukup menganggu kenyamanan sebelum pertandingan. Belum lagi masalah akreditasi yang berantakan dan kesalahan teknis saat salah menampilkan bendera Indonesia di cabang olahraga floorball, 25 November lalu.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan pada malam nanti. (jal/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU