Atlet Indonesia Pemegang Rekor SEA Games Kembali Tampil di Manila

  • 30-11-2019 / 15:26 WIB
  • Kategori:All Sport
Atlet Indonesia Pemegang Rekor SEA Games Kembali Tampil di Manila Siman Sudartawa masih akan berjuang di SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Malangpostonline.com - Total ada empat atlet Indonesia pemegang rekor SEA Games akan kembali tampil dalam turnamen olahraga paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut di Manila, Filipina.

SEA Games 2019 akan resmi dibuka pada 30 November dan berakhir pada 11 Desember. Indonesia mengirim 837 atlet ke ajang dua tahunan itu.

Berikut ini ulasan singkat empat atlet Indonesia pemegang rekor SEA Games, dilansir dari CNN:

1. Hendro Yap

Hendro merupakan atlet asal Jawa Barat pemegang rekor jalan cepat 20 ribu meter trek. Rekor yang membuat dia otomatis meraih medali emas tersebut diraih pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan catatan waktu satu jam 32 menit 11,27 detik.

Saat itu, Hendro mengalahkan dua atlet jalan cepat Malaysia yang meraih medali perak dan perunggu yakni Lo Choon Sieng dan Khairil Harith Harun.

Prestasi tersebut adalah buah dari kerja keras dan pengorbanan pria yang kini berusia 29. Pasalnya, olahraga jalan cepat menyelamatkan dia dari putus sekolah.

 

2. I Gede Siman Sudartawa

Sama dengan Hendro, perenang asal Bali ini juga mencatat rekor pada SEA Games 2017. Di ajang edisi ke-29 tersebut, Siman menjadi yang terbaik di nomor 50 meter gaya punggung.

Ia mencatat waktu tercepat 25,20 detik, mengalahkan perenang Singapura Zheng Wen Quah dan perenang Vietnam Le Nguyen Paul. Wen Quah merupakan pemegang rekor sebelum Siman dengan 25,27 detik.

Sebelum cetak rekor, catatan terbaik yang pernah ditorehkan Siman di nomor 50 meter gaya punggung adalah 25,04 detik dalam kejuaraan dunia.

 

3. Maria Natalia Londa

Maria berhasil menyumbang medali emas untuk kontingen Indonesia di nomor lompat jangkit SEA Games 2013. Selain emas, Maria Londa juga sukses memecahkan rekor setelah mampu membukukan loncatan terjauh dengan 14,17 meter.

Loncatan tersebut mengalahkan rekor sebelumnya dari atlet asal Thailand, Thitima Muangjan, yang bertahan sejak SEA Games 2009 di Laos. Saat itu, Muangjan mencatat lompatan sejauh 14,08 meter.

 

4. Triyaningsih

Berbeda dari tiga atlet lain, Triyaningsih memegang dua rekor di SEA Games. Rekor pertama di nomor lari 5.000 meter, dan satu lagi di nomor lari 10 ribu meter.

Rekor lari 5.000 meter dicatat pada SEA Games 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand, dengan 15 menit 54 detik. Tri mengalahkan kompatriot Rini Budiarti, dan pelari Vietnam Bui Thi Hien.

Dua tahun kemudian, Tri mencatat rekor di nomor 10 ribu meter di Laos dengan catatan 32 menit 49,47 detik. Ia menumbangkan pelari Filipina M Fetalvero dan pelari Vietnam Pham Thi Hien yang berada di peringkat kedua dan ketiga. (map/bac/cnn/bua)

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU