Hasil BATC 2020: Jonatan Kalah, Indonesia Unggul 2-1

  • 16-02-2020 / 18:39 WIB
  • Kategori:All Sport
Hasil BATC 2020: Jonatan Kalah, Indonesia Unggul 2-1 Jonatan Christie gagal jadi penentu kemenangan Indonesia atas Malaysia. (Dok. PBSI)

Malangpostonline.com - Jonatan Christie gagal mengunci kemenangan Indonesia di final Badminton Asia Team Championship (BATC) 2020 usai kalah 16-21, 21-17, 21-23 dari Cheam June Wei di Rizal Memorial Coliseum, Minggu (16/2).

Permainan net yang apik serta dua smes keras Cheam membuat Jonatan tertinggal 1-3 di awal-awal laga.

Cheam seperti menghinotis Jonatan. Permainan peringkat tujuh dunia itu tidak dibiarkan oleh Cheam.

Smes-smes keras dari Cheam kerap sulit dikembalikan oleh Jonatan. Cheam pun bisa unggul 5-1.

Melansir CNN Indonesia, unggul cukup jauh membuat Jonatan kesulitan mengejar Cheam. Jojo, sapaan Jonatan sempat memperkecil kedudukan menjadi 4-6.

Tetapi, laju Cheam tetap kesulitan dibendung Jonatan yang beberapa kali melakukan kesalahan sehingga kehilangan poin.

Usai unggul 11-4 di interval gim pertama, Cheam tetap tidak terkejar Jonatan. Smes keras Jonatan yang keluar lapangan membuat Cheam unggul 18-10.

Harapan Jonatan meraih hasil positif di gim pertama tetap terbuka usai mendapatkan empat angka beruntun sekaligus memperpendek jarak jadi 14-18.

Tetapi, penempatan kok ke pojok sisi kanan membuat Jonatan mati langkah, Cheam pun menang 21-16 di gim pertama.

Challenge yang gagal dari Cheam membuat Jonatan unggul 4-2 di awal gim kedua. Itu keunggulan dua poin pertama atau lebih bagi Jonatan dalam pertandingan melawan Cheam kali ini.

Di gim pertama Jonatan hanya sempat unggul 1-0, namun setelah permainan mutlak milik Cheam.

Permainan Jonatan berubah drastis di gim kedua. Peringkat tujuh dunia itu sukses mendikte permainan Cheam. Jonatan unggul 9-3.

Pengembalian bola Jonatan yang tidak melewati net membuat Cheam meraih empat poin beruntun guna memperpendek jarak jadi 7-9.

Jonatan makin tertekan. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu sempat meraih satu poin untuk unggul 10-7.

Jonatan coba menerapkan permainan di depan net, namun gagal. Bola tanggung dibalas dengan drop shot oleh Cheam untuk berbalik unggul 11-10 di interval gim kedua.

Reli poin terjadi usai interval. Cheam yang sudah unggul 12-10 bisa disamakan Jonatan jadi 12-12. Skor imbang itu bertahan hingga 15-15.

Pengamatan yang kurang baik dari Cheam membuat Jonatan meraih game point pertamanya usai unggul 20-16, sebelum ditutup dengan skor 21-17.

Smes-smes tajam masih jadi andalan Cheam di gim ketiga, yang sayangnya selalu sulit dikembalikan Jonatan. Lewat smes tajam ke pojok kanan Cheam unggul 4-1 atas Jonatan.

Meski kesulitan mengembalikan smes tajam Cheam, Jonatan bisa menutupi kekurangannya itu dengan permainan apik di depan net. Dengan tambahan satu poin dari permainan di depan net itu Jonatan memperkecil skor jadi 6-7.

Jonatan berbalik unggul 9-8 setelah kembali meraih poin dari permainan di depan net. Pengembalian kok yang tanggung dari Cheam dengan cepat disambar Jonatan yang berbuah poin.

Jonatan unggul 11-9 di interval gim ketiga setelah smes kerasnya tidak bisa dikembalikan Cheam. Ini keunggulan pertama Jonatan di interval dalam tiga gim melawan Cheam di laga ini.

Cheam kembali unggul 13-12 setelah Jonatan dua kali gagal mengembalikan bola dengan baik.

Faktor kelelahan membuat konsentrasi Cheam menurun. Kesalahan Cheam dalam mengamati bola lob dari Jonatan berbuah poin 15-14 untuk lawan.

Smes Jonatan yang menyangkut di net membuat Cheam menjauh dengan skor 17-15. Meski demikian, lewat smes serupa juga Jojo menyamakan kedudukan jadi 17-17.

Satu poin tambahan kembali didapat Jojo lewat permainan net yang apik. Jonatan unggul 18-17. Pengembalian bola yang melebar dari Cheam bebuah game point untuk Jonatan, 20-17.

Challenge yang berhasil dari Cheam menambah krusial pertandingan, skor 20-19 untuk Jonatan. Sebelum challenge diambil, Jonatan sempat selebrasi kemenangan.

Persaingan tetap sengit di poin-poin kritis, skor kembali imbang 21-21. Namun, dua poin beruntun dari Cheam lewat smes keras dan bola lob membuat Malaysia meraih poin di partai ketiga usai Cheam menang 23-21.

Skor sementara di final beregu putra BATC 2020 2-1 untuk Indonesia. (sry/cnn/bua)

 

PENTING! Baca Ini:

https://m.malangpostonline.com/bisnis/lowongan-kerja

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-baris

https://m.malangpostonline.com/bisnis/iklan-properti

 

 

 

Editor : bua
Uploader : slatem
Penulis : CNN
Fotografer : CNN

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU