Lawan Sama-Sama Labil

  • 21-09-2018 / 22:48 WIB
  • Kategori:Arema
Lawan  Sama-Sama Labil Pemain Arema FC Makan Konate siap menjadi pengatur serangan Arema saat dijamu Persipura Jayapura hari ini (22/9). (IPUNK PURWANTO/ MALANG POST)

MALANG-Dua tim klasik yang kerap bersaing di papan atas persepakbolaan Indonesia, yakni Persipura Jayapura dan Arema FC, akan bertemu Sabtu (22/9) sore ini. Pertemuan Singo Edan dan tim Mutiara Hitam di Stadion Mandala Jayapura pun diprediksi bakal menarik, sebab keduanya memiliki misi yang sama kali ini. Mencari kemenangan, demi mengangkat posisi mereka di klasemen, yang masih labil berada di papan tengah.

Persipura, saat ini berada di posisi sembilan dengan 30 poin.  Padahal, di putaran pertama lalu, Boaz Solossa dkk kerap berada di puncak klasemen namun dalam beberapa pertandingan terakhir mencatatkan hasil kurang maksimal sehingga posisinya terus merosot.

Sementara, Arema juga memerlukan kemenangan, demi mengangkat posisi mereka, yang sebelumnya kerap tertahan di papan bawah.

Hamka Hamzah dkk ingin segera memastikan meninggalkan zona bawah, karena kini masih berada di peringkat 12 dengan 28 poin.

Arema memiliki modal yang bagus berupa kemenangan di pekan lalu saat mengalahkan Madura United, runner up klasemen sementara. Kemenangan 2-0 tersebut, membuat Arema percaya diri, sekalipun bakal bermain di kandang Persipura, yang pernah ditaklukkan Arema sejak pertemuan resmi di tahun 1994. Bila menang, Arema bisa membuat sejarah baru di markas Persipura.

Pelatih Arema, Milan Petrovic mengatakan, timnya membawa modal hasil positif pekan lalu. Selain itu, timnya juga diakuinya bisa bermain bagus kala melawan Persib Bandung. Ia menilai, upaya Arema memperbaiki tim di putaran kedua mulai berjalan.

“Kami dapat hasil bagus pekan lalu. Itu modal untuk melawan Persipura, yang saya dengar adalah lawan sulit bagi setiap tim. Terutama saat bermain di kandang mereka. Arema mendatangkan beberapa pemain berpengalaman untuk menghadapi putaran kedua ini, termasuk bermain dalam pertandingan besar,” papar dia.

Pemain yang disebut Milan seperti Makan Konate, Hamka Hamzah hingga Alfin Tuasalamony. Ketiganya terbukti langsung tune-in dan menjadi pilar Arema. Pekan lalu Konate mencetak gol dan Alfin memberikan assist untuk gol Dedik Setiawan.

“Kami beruntung kami punya pemain baru setelah transfer windows kedua. Hamka, Konate, punya pengalaman menghadapi laga berat. Kami ada beberapa perubahan dan kami tahu itu yang kami butuhkan untuk memperbaiki posisi,” ungkapnya.

Milan pun tidak khawatir, jika dalam pertandingan hari ini timnya ditinggal beberapa pemain yang absen karena cedera atau akumulasi kartu kuning. Menurut dia, semua pemain, juga sudah siap turun memberikan yang terbaik di markas Persipura.

“Kami beruntung, saat pemain silih berganti absen, penggantinya tidak ada masalah. Mereka langsung siap,” tambahnya.

Milan mengatakan, timnya membidik poin di Papua. Bila mendapatkan kemenangan, dia sangat senang karena hal tersebut dibutuhkan Arema. Akan tetapi, dirinya akan melihat bagaimana kondisi pemain di lapangan.

Sementara itu, Pelatih Persipura Jayapura, Amilton Silva de Oliviera, berharap anak didiknya mampu bangkit dan mendulang kemenangan atas Arema.

 

Kemenangan seolah hasil wajib, karena Persipura bermain di depan publik sendiri. Terlebih, tim Mutiara Hitam juga mengemas hasil kurang memuaskan sebelumnya, karena kalah dari tuan rumah Mitra Kukar dalam laga pekan lalu.

“Kami sangat membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara yang saya anggap belum ideal,” ungkap dia.

Amilton telah menyiapkan amunisi untuk bisa mendapatkan poin penuh. Akan tetapi, ia sudah mewanti-wanti para pemainnya untuk tidak meremehkan tim Singo Edan. Alasannya, Arema baru saja mengemas hasil impresif ketika menumbangkan Madura United 2-0.

 “Arema tetap tim besar, jadi kami tetap akan berikan perhatian. Mereka tetap tim berbahaya, yang diperkuat para pemain bagus,” ujar dia.

Salah satu perhatian Amilton adalah Makan Konate. Ia menilai Konate sebagai kreator permainan Arema meski mantan pemain Persib Bandung itu baru saja bergabung pada awal putaran kedua setelah meninggalkan Sriwijaya FC.

 “Konate pemain bagus, skill dan visi bermainnya sangat bagus, itu yang harus kami waspadai. Saya juga sudah lihat rekaman gol-gol Arema saat mengalahkan Madura. Jadi, sudah ada sedikit gambaran,” pungkasnya. (ley/ary)

Editor : Ary
Uploader : hargodd
Penulis :
Fotografer :

KOMENTAR ANDA

BERITA TERBARU